Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wilayah Mainland di Batam Zona Merah Covid-19
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 31-05-2021 | 15:20 WIB
grafik_covid-batam01.jpg Honda-Batam
Sebaran zona merah Covid-19 di mainland Kota Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hampir seluruh wilayah mainland di Kota Batam masuk dalam zona merah penderita Covid-19 di Kota Batam.

Kondisi itu terungkap dari data pasien positif Covid-19 yang masih menjalankan perawatan di berbagai rumah sakit Batam maupun isolasi mandiri.

Wilayah mainland itu meliputi, Kecamatan Batuaji, Sagulung, Sei Beduk, Sekupang, Batam Kota, Bengkong, Nongsa, Lubukbaja dan Batu Ampar memiliki lebih dari 21 orang terkonfimasi positif Covid-19.

Dari data terakhir yang dirilis Tim Gugus Covid-19 pada Minggu (30/05/2021) Kecamatan Batam Kota memiliki jumlah penderita terbanyak sebanyak 283 orang yang masih menjalankan perawatan.

Disusul Kecamatan Sekupang dengan 227 orang, Batuaji dengan 172 orang, Sagulung 156 orang, Nongsa 109 orang, Bengkong 86 orang, Lubuk Baja 53 orang dan Batu Ampar 41 orang.dan Sei Beduk 38 orang yang masih dirawat.

Sementara itu, untuk 3 wilayah hinterland hanya Kecamatan Belakang Padang yang masuk zona merah dengan 22 kasus, Bulang 4 orang, dan Kecamatan Galang satu-satunya wilayah tanpa adanya penderita Corona.

Dengan demikian dari 1191 orang yang masih menjalankan perawatan tersebar 13 sudah sakit di Batam. RS Awal Bros memiliki 68 pasien covid-19, RS Elisabeth Batam Kita 56 kasus, RSUD Embung Fatimah 38 pasien, RSBP 33 orang, RS Bhayangkara 25 orang, RS Elisabeth Lubuk Baja 23 orang, RSKI Galang 21 orang, RS Graha Hermine 15 pasien, RS Harapan Bunda, serta RS 10, serta RS Elisabeth 10 kasus.

Walikota Batam, Muhammad Rudi menghimbau masyarakat itu membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-29. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan pola hidup bersih dengan rutin dengan sabu dan air mengalir, istirahat yang kukup dan makan makanan yang bergizi, menggunakan masker dan hindari menyentuh tangan, hidung dan mata.

"Menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan tetap di rumah, hindari keramaian serta pertahankan jarak 1 meter dari orang lain," ujar Rudi dalam himbauannya.

Kepala Dinas Kesehatan Didi Kusmarjadi menghimbau agar seluruh masyarakat taat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) terutama menggunakan masker saat Berpergian dari rumah.

"Kalau sama-sama memakai masker antara yang sehat dan sakit maka penularan hanya 1.5 persen. Jadi vaksin utama sebenarnya menggunakan masker dana menekan jumlah penderita Covid-19," himbau Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam.

Editor: Dardani