Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Mulai Perkenalkan TV Digital
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 20-06-2012 | 10:03 WIB
Yaacob_Ibrahim.jpg Honda-Batam

Menteri Penerangan, Perhubungan dan Kesenian, Dr Yaacob Ibrahim, foto:cyberita

SINGAPURA, batamtoday - Satu perkembangan yang luar biasa bagi dunia pertelevisian Singapura. Melalui wadah Mediacorp, rencananya sejumlah stasiun TV akan beralih tehnologi dari analog ke digital.

Demikian pernyataan Menteri Penerangan, Perhubungan dan Kesenian, Dr Yaacob Ibrahim. 

"Semua chanel TV yang dikelola Mediacorp akan mulai menggunakan tehnologi digital tahun depan (2013.red)," katanya dikutip dari Cyberita Singapura, Rabu (20/6/2012).

Untuk tahap awal, alih tehnologi ini akan dilakukan pada empat stasiun TV, yakni Channel-5, Channel-8, Suria TV dan Vasantham yang berbahasa India. Kemungkinan akan kelas pada Desember 2012. Sedangkan tiga channel lainya, masing-masing, Okto, Channel-U dan Channel NewsAsia, akan ditingkatkan tehnologinya sebelum 2016.

"Ini akan menjadi babak baru pertelevisian di Singapura, karena menurut rencana pada 2020 seluruh siaran analog akan dihentikan," ujar Yaacob Ibrahim.

Pada tahap awal peralihan pada 2013, Singapura tetap memberikan kebijakan untuk menyiarkan secara analog dan digital. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu kepada masyarakat setempat menyiapkan perangkat digital yang diperlukan. 

"Tapi pada 2020, siaran sudah dipastikan hanya menggunakan tehnologi digital karena hal ini sudah menjadi kesepakatan ASEAN," pungkas Yaacob Ibrahim.