Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Tunggu Putusan Resmi Arab Saudi Berangkatkan Jemaah Haji 2021
Oleh : Redaksi
Senin | 10-05-2021 | 11:16 WIB
jamaah-haji-karimun11.jpg Honda-Batam
Jamaah Haji Kabupaten Karimun tiba di kampung halaman. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menyatakan pihaknya masih menunggu keputusan dan pengumuman resmi dari Arab Saudi untuk memberangkatkan calon jemaah haji asal Indonesia pada tahun 2021.

Hal itu ia sampaikan usai Arab Saudi memutuskan akan menyelenggarakan ibadah haji tahun ini dengan syarat khusus di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita menunggu saja. Semua negara masih menunggu pengumuman selanjutnya," kata Endang kepada CNNIndonesia.com, Senin (10/5/2021).

Endang mengaku belum mengetahui keputusan Saudi terkait kuota bagi calon jemaah Indonesia usai pengumuman tersebut. Ia hanya menyampaikan pihaknya masih menunggu teknis dan mekanisme rencana pelaksanaan ibadah haji dari pihak Saudi sampai saat ini.

"Dalam pengumuman tersebut belum menyebutkan teknis, baru 'keinginan kuat', makanya bahasanya menggunakan 'azam'," kata dia.

Lebih lanjut, Endang membenarkan bahwa Arab Saudi akan menyelenggarakan haji tahun ini. Namun, pelaksanaan ibadah haji tersebut dengan ketentuan yang mengacu pada protokol kesehatan yang ketat.

Ia pun mengatakan bahwa sampai saat ini Kementerian Kesehatan Saudi masih terus melakukan persiapan-persiapan teknis terkait hal tersebut.

"Mengenai ketentuan-ketentuan, mekanisme, dan syarat pelaksanaan haji tahun ini akan diumumkan dalam waktu dan kesempatan selanjutnya," ucap dia.

Diketahui, pada tahun 2020 lalu pemerintah Indonesia memutuskan tak mengirimkan jemaah haji ke Saudi karena pandemi covid-19. Pemerintah Saudi pada tahun lalu juga hanya menggelar ibadah haji secara terbatas.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha