Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapor HPI Singapura Jauh di Bawah Indonesia
Oleh : redaksi/Mg
Senin | 18-06-2012 | 11:41 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Rapor Happy Planets Indeks (HPI) Singapura ternyata masih sangat rendah dibanding sejumlah negara lain di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Masih peliknya persoalan lingkungan di negeri itu dinilai menjadi penyebab utama.

Berdasarkan data terbaru yang dihimpun batamtoday, Senin(18/6/2012), HPI Singapura berada di urutan ke-90 dari total 151 negara yang disurvei. Skor Singapura 48,2 jauh di bawah Indonesia yang mengemas skor 55,5.  

Singapura sendiri merupakan negara yang mendapat nilai baik dalam hal harapan hidup dan kesejahteraan. Namun raport itu seolah tertutup dengan buruknya kelestarian lingkungan yang juga menjadi salah satu dasar penilaian indeks HPI.

Singapura bahkan terpaut jauh dari negara-negara Asia lainnya, seperti Vietnam. Satu-satunya negara Asia yang berada di level bawah HPI adalah Hongkong yang bertahan di posisi 102.

Prestasi tertinggi Singapura terjadi pada tahun 2009. Dimana para periode tersebut, indeks HPI Singapura menempati posisi ke-49 dengan skor 48,2. Namun dalam tiga tahun terakhir, indeks terus mengalami penurunan.

Seperti dipublikasikan http://www.happyplanetindex.org, indeks tertinggi berada di tangan Costa Rica. Sedangkan Indonesia berada di posisi ke-14 dengan nilai 55,5, sekaligus posisi ke-3 untuk jajaran negara-negara Asia di bawah Vietnam dan Bangladesh.