Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bayar Boarding Pass Pelabuhan Punggur Batam Kini Pakai QRIS
Oleh : Gokli
Senin | 19-04-2021 | 09:40 WIB
satgas-covid1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Satgas Covid-19 Kota Batam mengecek penerapan prokes pada kapal penumpang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerapan digitalisasi kini merambah pelabuhan penumpang. Sejak 9 April 2021 lalu, pembayaran boarding pass di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur sudah bisa menggunakan metode pembayaran digital berupa QRIS (QR Indonesian Standar).

Hal ini dilakukan untuk memberikan alternatif bagi pengguna jasa yang ingin bertransaksi non tunai. Juga untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan meminimalisir kontak melalui uang tunai dan meningkatkan transparansi transaksi keuangan.

"Semua counter tiket yang ada di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur sudah menyediakan fasilitas QRIS bagi penumpang, sehingga bisa menjadi alternatif untuk pembayaran boarding pass. Perlahan kita harapkan digitalisasi ini bisa merambah semua sektor sehingga lebih efektif dan efisien," ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Nelson Idris.

Dikertahui, arus penumpang kapal di Pelabuhan Penumpang Badan Usaha Pelabuhan BP Batam pada Triwulan I 2021 mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Nelson Idris.

Penurunan jumlah penumpang ini menurut Nelson mencapai 78 persen, yakni dari 2.267.262 penumpang di triwulan I 2020 menjadi 490.173 penumpang pada triwulan 1 2021.

Editor: Yudha