Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelaran MotoGP Mandalika Akhirnya Diundur Maret 2022
Oleh : Redaksi
Sabtu | 10-04-2021 | 10:28 WIB
mandalika_sirkuitb.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gelaran MotoGP di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang semula direncanakan berlangsung pada Oktober 2021, diundur menjadi Maret tahun depan.

Menurut Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) pada Jumat (9/4/2021), penundaan itu dilatarbelakangi pandemi Covid-19 dan belum rampungnya Sirkuit Mandalika

Namun, untuk target Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) pada 14 November 2021, ITDC optimistis tetap terlaksana.

"Namun, mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid-19, semua pihak sepakat menyelenggarakan ajang pertama FIM MotoGP World Championship Grand Prix atau MotoGP di sirkuit ini awal musim depan yaitu pada Maret 2022," kata ITDC, pengembang Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Jumat (9/3/2021).

Keputusan ini tak lama setelah perwakilan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports yang menjadi pemegang hak komersial MotoGP dan WSBK, menginspeksi pra-homologasi di Sirkuit Mandalika pada Rabu (7/4/2021).

Dorna Sports diwakili oleh Managing Director Carlos Ezpeleta dan Loris Capirossi selaku promotor, sedangkan FIM mengirimkan safety officer Franco Ucini yang juga mantan juara dunia 500cc 1982.

Selama inspeksi, perwakilan FIM dan Dorna Sports yang didampingi oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Ricky Baheramsjah, mengaku terkesan pada kemajuan proyek Mandalika International Street Circuit dan standar keamanannya.

Ketika mendampingi perwakilan Dorna dan FIM, Abdulbar optimistis pengerjaan sirkuit yang masih kurang lebih 60 persen itu bakal rampung pertengahan tahun untuk mengejar target homologasi dari Dorna.

Meski demikian, restu Dorna tidak akan ada artinya apabila pandemi Covid-19 di Indonesia belum terkendali

Dimulai Dorna telah sukses menyelenggarakan 13 Grand Prix pada 2020 di musim yang terpukul oleh krisis kesehatan global.

Tetapi tak sedikit negara-negara yang memiliki infrastruktur lengkap sebagai tuan rumah Grand Prix batal menggelar balap MotoGP karena pandemi dan pembatasan perjalanan yang rumit.

Editor: Surya