Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Tetap Perjuangkan Kepentingan Nasional di Forum Internasional dalam Situasi Pandemi
Oleh : Irawan
Sabtu | 10-04-2021 | 10:12 WIB
puanmaharani-dprb3.jpg Honda-Batam
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: DPR)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani memastikan DPR tetap aktif menyuarakan kepentingan nasional, kendati masih dalam situasi pandemi. Pada masa sidang ini, DPR turut memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia di forum internasional, melalui delegasi DPR yang menghadiri beberapa pertemuan kerja sama antarparlemen.

Puan menyampaikan hal itu dalam pidato Penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, sJumat (9/4/2021). Rapat Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang dihadiri Anggota DPR secara fisik maupun virtual.

Politisi PDI-Perjuangan itu mengatakan kendati  masih dalam situasi pandemi Covid-19, DPR RI tetap aktif membangun diplomasi parlemen, baik regional maupun internasional. Diplomasi tersebut dilakukan untuk merespon isu-isu international yang berhubungan dengan kepentingan nasional.

Di antaranya, pertemuan virtual antara Ketua DPR RI dengan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU). Salah satu pembahasan mengemuka dalam pertemuan tersebut, yakni rencana Indonesia menjadi tuan rumah IPU Assembly pada Maret 2022 mendatang serta berbagai upaya peningkatan kerja sama global.

Selanjutnya, pertemuan bilateral dengan parlemen dan pejabat diplomatik dari beberapa negara sahabat, seperti Ukraina dan Rusia. Delegasi DPR juga menghadiri webinar pada 16 Maret 2021 yang diselenggarakan oleh IPU bekerja sama dengan UNESCAP dan dihadiri oleh anggota parlemen dari 55 negara.

Sementara itu, masih kata Puan, DPR juga telah memberikan pertimbangan terhadap dua Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Republik Indonesia.

Editor: Surya