Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Survey

Perusahaan Singapura Gemar Memberi Promosi Jabatan Tanpa Kenaikan Gaji
Oleh : Redaksi/Mg
Jum'at | 15-06-2012 | 11:13 WIB

SINGAPURA, batamtoday - Perusahaan asal Singapura diketahui lebih gemar memberikan promosi jabatan tanpa disertai kenaikan gaji. Setidaknya berdasarkan survey terbaru, lebih dari setengah perusahaan di negeri Pulau itu memiliki kebijakan tersebut.

Berdasarkan survey Robert Half Singapura, sebanyak 53 persen dari perusahaan Singapura mempromosikan karyawan tanpa kenaikan gaji karena mereka lebih memilih untuk menawarkan bonus kinerja sebagai gantinya. Sedangkan 47 persen sisanya, lebih memilih untuk menawarkan karyawan mereka jam kerja yang lebih fleksibel. Bahkan ada yang menawarkan penambahan cuti tahunan sebagai pengganti upah tambahan.

Kondisi ini membuat Singapura berada di posisi tiga besar perusahaan-perusahaan di dunia yang memberikan promosi jabatan tanpa kenaikan gaji. Posisi pertama di duduki Chili dengan 76 persen dan China 70 persen. 

"Meski sebenarnya perusahaan cukup sadar pentingnya gaji saat membahas promosi jabatan, karena jika hal itu tidak dipenuhi, mereka akan kehilangan aktor utama dalam persaingannya dengan perusahan lain," kata Direktur Robert Half Singapura, Stella Tang, dikutip dari Todayonline, Jum'at(15/6/2012).

Survey ini menunjukan betapa kurangnya perhatian perusahaan kesejahteraan karyawannya yang tentu saja akan berimbas pada mutu dan kinerja mereka. 

Sementara itu, hasil penelitian yang sama di Jepang menunjukkan kenyataan berbeda. Hanya sekitar 26 persen dari manager HRD di perusahaan jepang yang mengaku memberikan promosi jabatan tanpa kenaikan gaji. Sedankan sisanya memilih menaikan gaji dengan berbagai peraturan ketat.