Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Parpol di Lingga Bakal Terima Dana Bantuan
Oleh : Juhari/Dodo
Rabu | 13-06-2012 | 17:00 WIB

LINGGA, batamtoday – Lima dari sebelas partai politik yang duduk di DPRD Lingga bakal menerima dana bantuan Parpol tahun 2012, sedangkan enam parpol lainnya masih belum menyerahkan berkas ke Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Lingga.

Lima parpol yang sudah menyerahkan laporan dan sudah dinyatakan lolos verifikasi tersebut yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB ), 

Sedangkan enam parpol lainnya yakni PPP, Partai Golkar, PKNU, PMB, Hanura dan PDI Perjuangan, masih belum menyampaikan berkas laporan ke Bakesbangpol Lingga.ungkap jamal kabid.Perhubungan antar lembaga dan politik ( Bakesbangpol )Lingga

"Berkas lima partai politik tersebut sudah kami serahkan ke Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset (DP2KA) untuk proses  pencairan dana bantuan," kata Jamal, Kabid Hubungan Antar Lembaga dan Politik Bakesbangpol Lingga, Rabu (13/6/2012) 

Jamal juga mengatakan besaran bantuan yang diterima masing-masing parpol tidak sama. Besaran tersebut ditentukan dengan jumlah peroleh suara parpol yang bersangkutan dalam Pemilu 2009 lalu dan setiap suara dinilai sebesar Rp10.609.

”Dana bantuan parpol tidak dapat langsung dicairkan, apabila mereka tidak segera membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ). Dan jika usai LPJ-nya dibawa dulu ke BPK untuk diaudit," tambahnya.

Untuk pencarian dana bantuan parpol tahun ini, Bakesbangpol Lingga akan memperketat dalam proses verifikasi laporan keuangan parpol lainnya. 

"Kami tak ingin ada temuan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) atas bantuan parpol ini," kata Jamal.