Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pembelajaran Tatap Muka di 4 Kecamatan Kabupaten Karimun Mulai Senin Mendatang
Oleh : Fredy
Jumat | 12-03-2021 | 15:24 WIB
A-FAJAR-KARIMUN.jpg Honda-Batam
Plt Kadis pendidikan Kabupaten Karimun, H. Fajar Harison. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pembelajaran tatap muka di 4 kecamatan di Kabupaten Karimun, yakni Kecamatan Karimun, Kecamatan Tebing, Kecamatan Meral dan Kecamatan Meral Barat akan dibuka mulai Senin ( 15/3/2021) mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pendidikan Kabupaten Karimun, H. Fajar Harison mengatakan, pembelajaran tatap muka di sekolah yang ada di 4 kecamatan tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi.

Menurut Fajar, keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka ini diambil setelah adanya berbagai masukan dan pertimbangan yang disampaikan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dan dihadiri Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Karimun dan berbagai stakeholder terkait, Jumat (12/3/2021).

Fajar menjelaskan, berdasarkan hasil rapat koordinasi tersebut diputuskan, untuk memulai pembelajaran tatap muka untuk tingkat, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hari Senin, (15/3/2021).

Berkaitan jadwal pembelajaran tatap muka itu, lanjut Fajar, diputuskan untuk tingkat SMP hanya 4 jam sehari yang berlangsung dari hari Senin hingga Jumat. Shift pertamanya dimulai dari pukul 7.30 WIB sampai pukul 10.30 WIB dan shift kedua dimulai 10.30 WIB.

Sedangkan untuk SD pembelajaran tatap muka dilakukan dengan sistem on-off hanya berlangsung selama 2 jam sehari, dimulai dari hari Senin sampai Sabtu, dari pukul 7.30 WIB.

Sementara untuk pembelajaran tatap muka tingkat Paud hanya berlangsung selama 1,5 jam yang dimulai dari pukul 7,30 WIB.

"Selama berlangsungnya pembelajaraan tatap muka, Prokes wajib dipatuhi dan tidak ada jam istirahat serta kantin sekolah tidak boleh dibuka," tegas Fajar.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, dari sisi kesehatan dan Covid-19, untuk 4 kecamatan di pulau Karimun sudah menuju zona hijau.

Dan sisi pendidikan mereka sudah siap buka sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Selain itu dari wali murid sendiri, mereka berharap untuk dimulai pembelajaran tatap muka karena dianggap bisa lebih fokus.

Dengan berbagai masukan dan pertimbangan, lanjut Anwar Hasyim, maka diputuskan untuk pembelajaran tatap muka untuk semua tingkatan pada 4 Kecamatan. "Sekolah yang akan memulai pembelajaraan tatap muka dianjurkan untuk mempersiapkan dan mematuhi protokol kesehatan," ujar Anwar Hasyim.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, bahwa sebelum ini pembelajaraan tatap muka di Kabupaten Karimun sudah dilaksanakan di 8 kecamatan yang ada di luar Pulau Karimun yakni Kecamatan Buru, Durai, Moro, Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Belat dan Ungar.

Editor: Dardani