Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Kucurkan Anggaran Infrastruktur Pendidikan Hingga Rp 45 M
Oleh : Harjo
Jumat | 12-03-2021 | 11:33 WIB
apri-pendidikan1.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan kunjungan ke SMPN 1 Kijang, Kecamatan Bintan Timur. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan memberikan prioritas cukup tinggi di bidang pendidikan untuk tahun 2021. Alokasi untuk pembangunan infrastruktur bidang pendidikan mencapai Rp 45 Miliar.

Dalam kunjungannya ke SMPN 1 dan SMPN 3 Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan bahwa alokasi tahun 2021 bidang pendidikan diantaranya sejumlah pekerjaan fisik rehabilitasi ruangan belajar dan sarana pendidikan saat ini terus digesa.

"Masih pada hal mendasar seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Alhamdulillah, kondisi saat ini membuat kita semakin terpacu karena sedikit demi sedikit perubahan itu terjadi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, mengakui bahwa dari alokasi Rp 45 miliar rupiah bidang pendidikan pada tahun 2021 ini, terdiri atas dana DAK dengan total keseluruhan mencapai 36 milyar rupiah ditambah 9 milyar rupiah melalui satker PUPR Provinsi Kepri.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pendidikan, akan merehab dan membangunkan sarana pendidikan melalui dana DAK, APBD, dan APBN melalui satker PUPR Provinsi Kepri.

Salah satu contoh pada tahun ini SMPN 1 Bintan akan merehab gedung induk majelis guru dan ruangan belajar, serta ruang laboratorium dengan total anggaran 1,6 M, melalui dana DAK. Sesuai dengan komitmen Bupati Bintan agar SMPN 1 di jadikan sebagai sekolah unggul di Kabupaten Bintan, sehingga sarana prasarana secara bertahap diperbaiki.

"Jadi pada tahun 2021 ini, Bintan setidaknya menerima Anggaran DAK total keseluruhan Rp 45 miliar dimana Rp 36 miliar di bidang pendidikan, dan Rp 9 miliar melalui satker PUPR Provinsi Kepri. Total Rp 9 miliar, salah satunya untuk menjadikan SDN 03 Bintan Timur direhab sebagai sekolah unggul dan sekolah percontohan di Kabupaten Bintan," tutupnya.

Editor: Yudha