Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diabetes Melitus Jadi Penyakit Penyerta yang Paling Rentan terhadap Virus Covid-19
Oleh : Redaksi
Selasa | 09-03-2021 | 17:36 WIB
Satgas-Kepri.jpg Honda-Batam
Sekda sekaligus Ketua Harian Satgas Covid-19 Kepri, TS Arif Fadillah. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Harian Gugus Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kepri, H TS Arif Fadillah mengatakan, dari pantauan dan hasil survei, penyakit diabetes melitus merupakan penyakit penyerta yang paling rentan terhadap virus Covid-19.

Dari sebagian kasus pasien Covid-19 di Kepri yang meninggal dunia, dominan dikarenakan terdapat bawaan penyakit diabetes melitus ini.

"Dari pantauan kita penyakit penyerta diabetes melitus lebih dominan rentan akan Covid-19 ini," ujar Arif yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Kepri ini, seperti dikutip laman Diskominfo Kepri, Selasa (9/3/2021).

Arif mengatakan, saat ini di Provinsi Kepri tingkat kematian akibat Covid-19 cenderung kecil. "Tingkat kematian mencapai 1,7 persen, dibanding nasional yang mencapai 2,5 persen," ungkap Arif.

Sedangkan tingkat kesembuhan kasus Covid-19 di Kepri mencapai 95,7 persen lebih tinggi dari persentase nasional yang 86,4 persen. "Alhamdulillah, saat ini kasus Covid-19 di seluruh kabupaten/kota telah mengalami penurunan. Semuanya berada dalam zona aman, atau kuning," ujar Arif.

Untuk itu, lanjut Arif, meskipun kondisi Covid-19 di Provinsi Kepri mulai menurun, masyarakat tetap diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Waspada selalu, dan selalu terapkan 3M, di mana pun berada jangan sampai kita lengah," tegas Arif.

Editor: Gokli