Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdikpora Anambas Akui PAUD Sudah Merata di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 09-03-2021 | 16:20 WIB
anambas_kadisdikpora-nurman-22.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kepulauan Anambas, Nurman. (Dok/BTD)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kepulauan Anambas, Nurman, mengatakan telah mengakomodir pendidikan anak usia dini (PAUD). Bahkan, keberadaan PAUD sudah merata di Anambas.

Hingga saat ini, kata Nurman, sudah ada 70 sekolah PAUD yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Untuk PAUD sudah termasuk di dalamnya penitipan anak (mulai umur 1-3 tahun), play grup (kelompok bermain) untuk anak umur 3-5 tahun dan taman kanak-kanak (TK) untuk anak umur 5-7 tahun. Ini semua sudah merata di seluruh desa di Anambas," kata Nurman, Kepala Disdikpora Anambas, Selasa (9/3/2021).

Nurman menguraikan, jumlah 70 terdiri atas 10 TK negeri, 20 TK swasta dan 40 PAUD. Untuk operasional PAUD lebih domininan dibantu oleh dana desa. Hal tersebut tertuang pada PP nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal.

"TK yang didirikan Pemda sudah ada 10 yaitu TK Negeri, sedangkan 20 TK swasta dikelola oleh yayasan, serta 40 PAUD dikelola oleh desa," ucapnya.

Nurman mengakui, bahwa tenaga pendidik pada PAUD dan TK banyak diperbantukan dari PTT Diadikpora Anambas. "Inilah bentuk kerjasama dan bentuk kepedulian kita dalam memenuhi kesetaraan pendidikan anak usia dini," jelasnya.

Editor: Gokli