Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkominfo Beri Penghargaan e-Gouverment Kepada 5 Kepala Daerah
Oleh : surya
Senin | 11-06-2012 | 16:06 WIB

JAKARTA, batamtoday - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan penghargaan e-Government Indonesia (PeGI) kepada kepala daerah berprestasi.

PeGI diberikan kepada daerah yang dinilai berhasil menata infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) bidang teknologi informasi yang mendukung hubungan antar pemerintah, pemerintah dengan dunia usaha, serta pemerintah dengan publik.

Tahun ini, lima kepala daerah mendapatkan PeGI dengan kategori baik. Empat daerah berasal dari Jawa, dan satu daerah dari Medan, Sumatera Utara.

Kelimanya adalah Wali Kota Medan Rahudman Harahap, Bupati Lamongan Masfuk H Fadeli, Wali Kota Malang Peni Suparto, Wali Kota Pekalongan Muhammad Basyir, dan Wali Kota Surakarta Joko Widodo

Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Kelima kepala daerah itu dinilai berhasil berhasil  telah mengimplementasikan sarana TIK dengan baik sehingga dapat menjembatani antar pusat dan daerah.
 
PeGI (Pemeringkatan e-Government Indonesia) merupakan inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menilai tingkat kematangan implementasi atau adopsi e-Government di institusi pemerintahan yang ada di seluruh wilayah nusantara, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (kabupaten kota).
 
PeGI dirancang untuk menjadi pedoman bagi pengembangan TIK di seluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan lingkungan pemerintah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota maupun departemen dan lembaga non departemen dapat mengembangan dan memanfaatkan TIK secara lebih terarah. Tujuan lainnya adalah untuk memberikan dorongan bagi peningkatan TIK di lingkungan pemerintah melalui evaluasi yang utuh, seimbang dan obyektif.