Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Minta Vaksinasi Secara Klaster, Pedagang Pasar dan Karyawan Mall Jadi Prioritas
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-02-2021 | 13:08 WIB
A-VAKSIN-JOKOWI21.jpg Honda-Batam
Presiden Jokowi disuntik vaksin.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara berkelompok atau klaster. Jokowi mengatakan pemerintah tak mau penyuntikan vaksin dilakukan secara acak.

Menurutnya, vaksinasi klaster bisa mempercepat proses penyuntikan. Sehingga dengan demikian, kata dia, masyarakat Indonesia bisa segera kebal dari paparan virus corona.

"Bukan orang per orang karena kita ingin melakukan vaksinasi itu klaster, memagari. Sehingga, tercapai kekebalan komunal, tercapai kekebalan herd immunity," kata Jokowi saat membuka Peresmian Pembukaan Munas Apeksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Jokowi juga berpesan agar pemerintah daerah mulai memetakan kelompok prioritas vaksinasi. Sehingga dengan demikian, kata dia, vaksinasi bisa cepat dilakukan saat vaksin sudah tersedia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memerintahkan agar pemda memprioritaskan vaksinasi untuk orang-orang yang menghadapi interaksi tinggi. Ia mencontohkan pedagang pasar dan karyawan mal.

"Misalnya di kota ada mal, ya sudah para karyawan di mal langsung (divaksin) karena dia banyak sekali berhubungan dengan masyarakat," ujarnya.

Jokowi juga tak lupa meminta pemda memprioritaskan para lansia. Sebab kelompok tersebut rentan mengalami gejala berat jika terpapar Covid-19.

"Jangan lupa yang untuk yang rentan, terutama lanjut usia. Itu jadi prioritas," tuturnya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha