Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akses PRB di Anambas Lumpuh Total, Warga Manfaatkan Wifi BAKTI-AKSI
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 04-02-2021 | 12:04 WIB
bakti-aksi-anambas.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Ratusan warga berbondong-bondong memanfaatkan wifi BAKTI-AKSI yang berada di SDN 002 Tarempa, SMAN 1 Siantan dan SMP Arung Ijau.

Ini merupakan efek dari lumpuhnya akses telekomunikasi dan akses internet yang didukung oleh Palapa Ring Barat (PRB).

"Sejak Rabu (3/2/2021) kemarin, banyak warga yang berbondong-bondong datang ke sini untuk memanfaatkan akses internet (wifi BAKTI-AKSI)," kata Minah, salah satu pegawai SDN 002 Tarempa, Kamis (4/2/2021).

Minah mengakui, Rabu pagi yang lebih dominan memanfaatkan wifi sekolah yaitu para mahasiswa, pegawai Pemkab Anambas dan anggota kepolisian. Namun, pada malam hari, pengguna wifi justru sudah tak terdata lagi.

"Saking ramainya warga yang menggunakan wifi ini, kami sudah tak mengenali lagi, karena sudah pakaian biasa," jelasnya.

Dari informasi yang dihimpun, masa perbaikan PRB jalur Batam - Tarempa diperkirakan rampung pada 20 Februari. Sementara untuk jalur Pontianak - Ranai - Tarempa belum bisa diprediksi.

"2 jalur PRB yaitu Batam - Tarempa dan Pontianak - Ranai - Tarempa putus, sehingga mengakibatkan blank spot (lumpuh total) untuk akses telekomunikasi yang didukung PRB. Masyarakat juga masih bisa memanfaatkan akses internet yang didukung oleh V-sat yaitu yang terpasang di sejumlah sekolah," jelas Ekhwar, Kepala Telkom Tarempa.

Editor: Gokli