Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

60 Nakes Puskesmas Dabo Lama Disuntik Vaksin Covid-19
Oleh : Wandy
Selasa | 02-02-2021 | 12:36 WIB
nakes-lingga-divaksin1.jpg Honda-Batam
Vaksinasi Covid-19 nakes Puskesmas Dabo Lama Kabupaten Lingga. (Wandy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Puskesmas Dabo Lama lelakukan penyuntikan vaksin covid-19. Dimana sebanyak 60 tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Dabo Lama disuntik vaksin sinovac.

Kepala Puskesmas Dabo Lama dr. Yan Cahyadi Anas mengatakan, untuk proses vaksinasi di Puskesmas Dabo Lama dilaksanakan hari ini.

"Kami lakukan vaksinasi pada hari ini untuk semua tenaga kesehatan Puskesmas Dabo Lama total 57 orang. Dimana 3 orang sudah di vaksin pada saat pencanangan di Gedung Daerah kemarin," kata dr. Yan saat diwawancarai, Selasa (2/2/2021).

Dijelaskan bahwa untuk vaksinasi di Puskesmas Dabo lama ditargetkan selesai sebelum jam istirahat. Sehingga limbahnya bisa langsung dikirim ke TPS RSUD Dabo Singkep.

"Jadi rencana hari ini akan kita selesaikan 57 orang ini mudah-mudahan prosesnya selesai sebelum jam istirahat, sehingga limbahnya bisa kita langsung kirim ke TPS yang ada di RSUD," tuturnya.

Dijelaskan dr. Yan, untuk tahap I yang menerima vaksinasi seperti tenaga kesehatan (Nakes) TNI-Polri, pegawai pelayanan publik seperti di Bandara dan Pelabuhan.

"Tahap satu itu front liner, tenaga kesehatan, TNI-POLRI sama pegawai-pegawai pelayanan publik seperti di Bandara dan pelabuhan mereka dapat tahap 1 dan 2,"

Setelah dilakukan vaksinasi tahap pertama ditunggu setelah 2 minggu akan kembali dilaksanakan vaksinasi tahap kedua.

"Jadi anti bodi pada suntikan pertama ini baru terbentuk sekitar 50 persen. Namun setelah suntikan kedua mencapai 99 persen, hal tersebut sesuai bukti ilmiah dari pabrik sinovac," ujarnya.

Editor: Yudha