Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun Canangkan Vaksinasi Covid-19 di RSUD Muhammad Sani
Oleh : Fredy
Sabtu | 30-01-2021 | 14:52 WIB
A-VAKSIN-KARIMUN.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq saat dimulainya pencanangan vaksinasi Covid-19 di gedung serbaguna RSUD Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pencanangan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karimun dimulai pada hari ini dan dibuka secara resmi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sabtu (30/1/2021) pukul 9,30 WIB di gedung serbaguna RSUD Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun.

Vaksinasi Covid-19 hanya dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, Asisten 3 Pemkab Karimun, Fajar Harison dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karimun.

Sementara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun seperti Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol laut P Maswedi serta Dandim 0317 TBK, Letkol INF Denny, sudah divaksin terlebih dahulu, Jumat (29/1/2021).

Aunur Rafiq mengatakan, Kabupaten Karimun telah mendapatkan vaksin Covid-19 dari pemerintah Provinsi Kepri sebanyak 3.480 dosis.

"Semalam sudah dilakukan vaksinasi terhadap sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah FKPD Kabupaten Karimun dan hari ini baru dilakukan pencanangannya dan vaksinasi dilakukan semalam, karena teman-teman FKPD pada hari ini ada yang dinas keluar daerah," papar Aunur Rafiq, Sabtu (30/1/2021).

Aunur Rafiq berharap, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini berjalan lancar dan baik. Sehingga program pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 dapat tertangani baik.

"Kita sama tahu bahwa berdasarkan update data perkembangan Covid-19 sampai saat ini Kabupaten Karimun sudah 400 orang yang terkonfirmasi, 36 orang sedang dirawat, 17 orang meninggal dunia dan 347 sudah sembuh dari Covid-19," ungkapnya.

Target kita secepatnya vaksinasi Covid-19 bisa diselesaikan di 13 puskesmas, RSUD Muhammad Sani dan Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) dan Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Saat ini dilakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 di gedung serbaguna RSUD Muhammad Sani dan selanjutnya akan dimulai vaksinasi Covid-19 secara serentak di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit dan Karantina Kesehatan Pelabuhan di Kabupaten Karimun.

"Mudah-mudahan vaksinasi Covid-19 akan dapat diselesaikan secepatnya dan diperkirakan pada bulan depan sudah selesai, apalagi vaksinasi Covid-19 ini harus dilakukan dua kali," pungkasnya.

Terpisah, Kadis kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan, tidak semua orang yang terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 dilakukan vaksinasi. Karena setelah dicek kesehatan, ada yang belum lulus untuk divaksinasi Covid-19. "Alhamdulillah, saya sudah divaksin Covid-19," aku Rachmadi.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah dan Asisten Administrasi dan Umum, Fajar Harison tidak bisa divaksin karena tensi yang tinggi. Melebihi ambang batas yang diperbolehkan serta faktor usia yang sudah lewat dari batas yang ditentukan.

Editor: Dardani