Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tayang perdana

ISNU Apresiasi Film Soegija Gambarkan Nilai-nilai Kemanusiaan
Oleh : surya
Kamis | 07-06-2012 | 17:36 WIB
ali_masykur_musa.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama Ali Masykur Musa

JAKARTA, batamtoday -Ketua Umum ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Ali Masykur Musa menghadiri tayang perdana film Soegija di Blitz Megaplex Cinema Grand Indonesia pada Kamis, 7 Juni 2012. Tayang Perdana Film Soegija yang difasilitasi oleh Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) ini banyak dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional, baik dari kalangan cendekiawan lintas agama, akademisi, agamawan, maupun politisi.

Film Soegija adalah film yang melukiskan kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaaan bangsa Indonesia (1940-1949). Film ini diangkat dari kisah Uskup Soegija dalam menghadapi berbagai rona kehidupan pada masa 1940-an. Soegija yang diperankan dengan apik oleh Nirwan Dewanto memberikan inspirasi bahwa kemanusiaan itu adalah satu meskipun berbeda bangsa, asal-usul, dan ragamnya.

“Film Soegija ini memberikan pelajaran bagi kita untuk senantiasa mengedepankan rasa kemanusiaan meskipun kita berbeda suku, bangsa, dan agama. Pemutaran Film Soegija sekarang ini juga sangat tepat, di saat rasa kesatuan berbasis kemanusiaan mulai memudar. Ini merupakan salah satu upaya dalam merawat persaudaraan sejati antar-umat sebangsa”, tutur Ali Masykur Musa saat dimintai komnetarnya tentang Film Soegija.