Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Lingga Imbau Masyarakat Jangan Ragu Divaksin Covid-19
Oleh : Wandy
Rabu | 20-01-2021 | 12:36 WIB
dinkes-lingga11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Bidang P2P Dinkes PPKB Lingga, Fazinawati. (Wandy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk vaksin, sebab vaksinansi tersebut aman dan halal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang P2P Dinkes PPKB Lingga, Fazinawati jika nantinya vaksin didistribusikan untuk masyarakat Lingga diharapkan jangan ragu karena vaksin tersebut aman dan halal.

"Maka kita mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lingga untuk jangan ragu di vaksinasi sebab vaksin itu halal dan aman," kata Fazinawati, Rabu (20/1/2021).

Fazinawati juga menjelaskan sebelum dilaksanakan vaksinansi kepada masyarakat tentunya akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu agar menyakinkan masyarakat untuk tidak ragu.

"Nanti kita akan melaksanakan sosialisasi sampai ketingkat yang paling bawah kita berharap bahwa vaksinasi ini akan berjalan lancar dan aman kemudian hasilnya sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Dia juga mengingatkan jika telah dilakukan vaksinasi tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan sabun.

Untuk diketahui ada beberapa penyakit yang tidak bisa di vaksinasi seperti komorbid, hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam Indonesia (PABDI).

Dimana penyakit komorbid seperti Penyakit autoimun sistemik, Sindrom Hiper IgE, Pasien dengan infeksi akut, Penyakit ginjal kronis, Hipertensi, Gagal jantung, Penyakit jantung koroner, Reumatik autoimun (autoimun sistemik), Penyakit gastrointestinal, Hipertiroid/hipotiroid karena autoimun, Kanker, dan Pasien hematologi onkologi.

Selain itu, untuk ibu hamil, alergi, orang yang memiliki gangguan imunitas tubuh, pasien positif Covid-19, dan pasien yang sembuh dari covid-19 yang tidak diberikan vaksin.

Editor: Yudha