Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Tugboat Berkekuatan 1.200 HP Tak Mampu Tarik APC Aussie 1
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 07-06-2012 | 13:29 WIB

BATAM, batamtoday - Upaya evakuasi kapal APC Aussie 1 Adelaide oleh dua tugboat berkekuatan 1200 HP yaitu tug boat Lotus dan tug boat Berlian dari Batam Samudra, Rabu (6/6/2012) sekitar pukul 23.00 WIB, berakhir gagal. 

Sebab pada saat evakuasi, kapal APC Aussie sempat ditarik menjauh oleh dua tugboat  dari jembatan yang ditabraknya, namun selang dua jam dua tugboat tersebut tak kuat menahan kencangnya arus dalam laut. Sehingga secara perlahan, kapal APC Aussie kembali terseret ke arah semula dan kembali membentur jembatan. 

"Upaya evakuasi yang dilakukan dua buah tugboat menjauhkan kapal dari jembatan gagal meskipun dua tugboat mengerahkan tenaganya secara maksimal. Hal ini dikarenakan arus laut dibawah ternyata sangat kuat dan kencang untuk mendorong kapal kembali ke arah jembatan," ujar Dirpolair Polda Kepri, Kombes Mochammad Yassin Kosasih kepada batamtoday, Kamis (7/6/2012).

Evakuasi yang dilakukan kemarin itu akhirnya dihentikan menunggu bantuan penambahan tugboat lagi, sebab dua tug boat tak cukup untuk menarik kapal APC Aussie 1 Adelaide .

"Kedua tug boat yang mencoba mengevakusi itu bahkan sampai mengeluarkan asap dari cerobongnya karena tak kuat menarik tongkang tersebut," tambahnya.

Evakuasi lanjutan akan dilakukan pada hari ini, yang direncakan pukul 14.00 WIB, tim evakuasi yang dipimpin langsung oleh Dirpolair Polda Kepri kembali dengan mendatangkan lagi dua sampai tiga tugboat untuk menarik kembali kapal APC Aussie menjauh dari Jembatan VI Barelang.

"Semoga saja evakuasi hari ini berjalan lancar, kita berharap arus dan kecepatan angin lancar sehingga proses evakuasi tak memakan waktu yang lama," terang Yassin.