Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Sosialisasikan Perubahan Tarif Layanan Pengelolaan KPLI-B3 Kabil
Oleh : Redaksi
Jumat | 08-01-2021 | 16:36 WIB
sos-tarif-KPLI-B3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sosialisasi penyesuaian tarif Layanan Air Limbah KPLI-B3 Kabil pada Kamis (7/1/2021) di Gedung Marketing Center BP Batam, Batam Centre. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna menambah daya saing, Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penyesuaian tarif Layanan Air Limbah yang disosialisasikan kepada para tenant yang tergabung dalam Kawasan Pengelolaan Limbah Industri Bahan Berbahaya dan Beracun (KPLI-B3) Kabil pada Kamis (7/1/2021) di Gedung Marketing Center BP Batam, Batam Centre.

Perubahan besaran tarif layanan ini tertuang dalam Perturan Kepala BP Batam nomor 28 tahun 2020 Atas Perubahan Peraturan Kepala BP Batam nomor 15 tahun 2018 tentang Pengelolaan Tarif Layanan dan Tata Cara Pengadministrasian Keuangan Sumber Daya Air, Limbah, dan Lingkungan pada Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan.

General Manager Sumber Daya Air, Limbah dan Lingkungan, Ibrahim, mengatakan, penyesuaian tersebut perlu dilakukan untuk memberikan kontribusi terhadap biaya operasi dan pengelolaan kawasan.

"Ada beberapa tarif, khususnya dalam pengelolaan KPLI-B3 Kabil yang harus diturunkan agar memiliki daya saing. Namun juga ada tarif sewa yang dinaikkan dengan mempertimbangkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan yang semakin tinggi," ujar Ibrahim.

Kenaikan tarif tersebut, lanjut Ibrahim, juga dipicu oleh biaya operasional dan pemeliharaan kawasan serta fasilitas KPLI-B3 Kabil yang cukup besar, menilik biaya-biaya yang telah dikeluarkan tahun 2019 mencapai lebih dari Rp 4 miliar untuk membiayai operasional, pemeliharaan dan pembangunan fasilitas.

Adapun penyersuaian tarif layanan jasa sarana dan prasarana Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI-B3) mencakup tarif sewa lahan per m?2;/tahun, tarif sewa pemakaian jasa timbang, ruang kantor, forklift, loading bay, biaya pengelolaan kawasan KPLI-B3 berupa keamanan, kebersihan, pemeliharaan jalan/drainase, lampu penerangan jalan, dan IPAL, serta biaya pass masuk orang dan kendaraan.

Meski memberlakukan kenaikan pada beberapa tarif layanan, Ibrahim, mengatakan, para tenant memberikan respon positif atas penyesuaian tersebut. "Secara umum responnya baik, selagi tujuannya untuk mendukung pengembangan fasilitas dan meningkatkan pelayanan, para tenant mendukung kebijakan yang ditetapkan BP Batam," tutur Ibrahim.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri Kepala Bidang Pentarifan BP Batam, Haris Adi Purnomo; Manager Komersial BP Batam, Lusy Novita; Asisten Manager Pemasaran Dan Pengembangan Usaha, Dedi Suherli; Asisten Manager Tata Lingkungan BP Batam Suriadi Sembiring, serta dihadiri lebih dari 20 perwakilan tenant KPLI BP Batam.

Editor: Gokli