Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Daftar 10 Youtuber Bayaran Tertinggi di 2020
Oleh : Redaksi
Kamis | 24-12-2020 | 11:44 WIB
dude-perfect1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Youtuber Dude Perfect. (Youtube)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Media global yang fokus pada hitung-hitungan harta para orang kaya dunia, Forbes, baru-baru ini merilis daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi di dunia untuk tahun 2020.

Berbeda dari tahun lalu, ternyata ada nama baru yang masuk dalam jajaran ini yakni Jimmy Donaldson, atau yang lebih dikenal dengan Mr. Beast, yang langsung melejit ke peringkat kedua.

Sementara nama YouTuber gaming PewDiePie yang tahun lalu masuk dalam 10 besar, harus absen dari daftar ini karena ia tengah rehat dari aktivitas di YouTube.

Perkiraan pendapatan para YouTuber ini dihitung dalam kurun waktu setahun terakhir, mulai 1 Juni 2019 hingga 1 Juni 2020.

Lantas siapa saja mereka, berikut daftar 10 YouTuber terkaya versi Forbes.

1.Ryan Kaji
Ryan Kaji kembali menduduki peringkat pertama YouTuber terkaya 2020 dengan estimasi pendapatan mencapai US$ 29,5 juta atau Rp 413 miliar (kurs Rp 14.000/US$) tahun ini.

Bocah kecil kelahiran Texas ini, dan orang tuanya pertama kali membuat video pada Maret 2015 setelah menonton saluran ulasan mainan lain. Anak berusia 9 tahun ini diketahui telah menjalankan sembilan saluran Youtube. Ryan's World adalah yang paling populer dengan 41,7 juta pelanggan dan 12,2 miliar penayangan.

2.Mr Beast (Jimmy Donaldson)
Jimmy Donaldson adalah bintang baru terbesar di dunia YouTube, dan telah memiliki hampir 50 juta subscribers dan 3 miliar penayangan selama setahun terakhir.

Videonya adalah campuran dari aksi dan humor. Dalam 12 bulan terakhir, pria itu telah membekukan dirinya sendiri di dalam es, mengelilingi bianglala 1.000 kali dan membangun menara Lego terbesar yang pernah ada.

Saluran YouTube Donaldson membantunya memasarkan lini barang dagangannya di mana dia dan para pemeran di video semuanya mengenakan barang-barang tersebut. Barang-barang itu juga populer di antaranya seperti Microsoft, Electronic Arts, dan Honey, aplikasi kupon.

3. Dude Perfect
Saluran Youtube Dude Perfect digawangi lima sekawan, yakni Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney yang senang bermain dengan lightsabers, nerf guns dan paintballs.

Aksi populer mereka telah menghasilkan tur nasional yang meraup sekitar US$ 6 juta atau Rp 84 miliar dan film dokumenter yang menyertainya, Backstage Pass.

Pada bulan Maret, ketika virus corona pertama kali menyerang dan olahraga terhenti, grup tersebut menggunakan saluran YouTube mereka untuk menyelenggarakan Karantina Klasik, bersaing satu sama lain dalam adu bola basket tiga poin dan hoki kursi roda.

Serial video tersebut mengumpulkan sekitar US$ 160.000 untuk Palang Merah dan Feeding America. Pendapat mereka tahun ini diperkirakan sebesar US$ 23 juta (Rp 322 miliar).

4.Rhett dan Link
Mereka adalah beberapa bintang YouTube yang paling lama eksis, setelah memandu kanal Youtube "Good Mythical Morning". Diketahui mereka memiliki pendapatan tertinggi yakni diperkirakan US$ 20 juta (Rp 280 miliar).

Pada bulan Februari 2019, mereka membayar US$ 10 juta untuk mengakuisisi SMOSH, saluran YouTube komedi sketsa. Dengan pembelian tersebut, Mythical Entertainment, yang sekarang memiliki 100 karyawan, mendapatkan hampir 2 miliar penayangan di YouTube pada tahun lalu dan menghasilkan sekitar $ 11 juta dalam perkiraan pendapatan dari program berbagi iklan YouTube.

Good Mythical Morning juga memiliki klub penggemar yang berkembang dengan iuran bulanan mulai dari $ 10 hingga $ 20 untuk akses ke konten eksklusif.

5.Markiplier (Mark Fischbach)
Markiplier telah berhasil naik beberapa peringkat dari tahun sebelumnya di peringkat YouTube. Sellama delapan tahun, ia banyak membuat konten gaming, komedi berbentuk sketsa, hingga parodi dalam bentuk animasi ini diestimasikan meraup pendapatan sebesar US$ 19,5 juta (Rp 273 miliar).

6. Preston Arsement
Salurian Preston Arsement ini banyak membuat konten Minecraft, permainan video sandbox yang dibuat oleh pengembang Swedia Markus Persson. Kanal YouTube yang sekarang dikenal dengan nama Youtube PrestonPlayz ini diperkirakan mengantongi penghasilan hingga US$ 19 juta (Rp 266 miliar).

Pendapatan tersebut meningkat dari tahun lalu yang diperkirakan menghasilkan sekitar Rp 196 miliar. Menurut Forbes, Preston mengoperasikan beberapa server Minecraft yang menambah penghasilannya. Bahkan pemain Minecraft rela membayar untuk mengakses dunia Minecraft.

7.Nastya (Anastasia Radzinskaya)
YouTuber cilik asal Rusia berusia 6 tahun ini menggunakan "Nastya" di salurannya, yang menampilkan dia dan ayahnya bermain Lego, dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Videonya penuh warna, ekspresif, dan tidak menampilkan banyak bahasa, membuatnya sempurna untuk penonton globalnya.

Kanal bocah bernama lengkap Anastasia Radzinskaya ini diperkirakan menghasilkan US$ 18,5 juta (Rp 259 miliar).

8.Blippi (Stevin John)
Satu-satunya orang dewasa yang membuat konten anak-anak dalam daftar ini adalah Stevin John atau dikenal dengan nama kanal Blippi. Pria berusia 32 tahun ini meluncurkan salurannya pada tahun 2014.

Kanal Blippi diperkirakan berhasil mengantongi pendapatan sekitar US$ 17 juta (Rp 238 miliar).

9.David Dobrik
Selama beberapa tahun terakhir, David Dobrik telah melakukan apa saja untuk membuat penontonnya terus tertawa. Kini, kanal Youtubenya telah diikuti oleh 18 juta pengikut dengan video penayangan mencapai 2,7 miliar kali.

YouTuber asal Slovakia ini masuk dalam daftar YouTuber terkaya versi Forbes tahun ini. Pendapatannya diperkirakan mencapai US$ 15,5 juta (Rp 217 miliar).

10.Jeffree Star
Bintang kecantikan itu telah terjebak dalam kontroversi. Ia diduga berperilaku rasis hingga tuduhan pelecehan seksual yang dia bantah serta perseteruan selama bertahun-tahun dengan sesama YouTuber James Charles.

Hal tersebut menyebabkan beberapa konsekuensi bisnis, termasuk putusnya kontrak pengecer Morphe untuk berhenti menjual lini produknya. Terlepas dari itu, Jeffree diperkirakan meraup penghasilan US4 15,5 juta dollar (Rp 217 miliar) dalam setahun terakhir dan berada di posisi ke-10 dalam daftar ini.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Yudha