Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terapkan Prokes Covid-19

Pondok Pesantren Baitul Mukhlasin Lingga Gelar Syukuran Wisuda Santri
Oleh : Wandy
Senin | 21-12-2020 | 10:12 WIB
syukuran-wisuda-santri1.jpg Honda-Batam
Syukuran wisuda Ponpes Baitul Mukhlasin Lingga. (Wandy/BTD)

BATAMYODAY.COM, Lingga - Sebanyak 80 santri pondok pesantren Baitul Mukhlasin Musai Kabupaten Lingga menggelar syukuran wisuda di Kelurahan Raya Payluas Kecamatan Singkep Barat, Minggu (20/12/2020).

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menyediakan tempat mencuci tangan, memakai masker dan duduk dengan berjarak.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Baitul Mukhlasin Musai, Dhasmarony Jaya mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan syukuran wisuda santri yang ketiga kalinya dengan jumlah santri sebanyak 80 orang putra dan putri.

"Yang kita wisudakan santri putra dan putri dengan jumlah hafalan 1-5 juz. Dimana mereka akan menerima sertifikat saja, sementara untuk 5 juz keatas kita serahkan ijazah," kata Dhasmarony.

Selanjutnya, Dhasmarony mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kecamatan Singkep Barat, yang sudah susah payah membantu fasilitas sarana yang digunakan bersama-sama. Seperti kendaraan untuk santri dan tenda.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kecamatan Singkep Barat yang telah banyak membantu sehingga pelaksanaan syukuran wisuda ini dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Dijelaskan Dhasmarony kenapa dilaksanakan syukuran wisuda di Kecamatan Singkep Barat, sementara pondok pesantren Baitul Mukhlasin berada di Kecamatan Lingga.

"Yang pertama karena banyaknya santri kita dari Singkep Barat, makanya kita memanfaatkan waktu sekaligus liburan panjang ini kita pusatkan disini. Dan kedua ini merupakan sinyal kedepan. Insyaallah kami berniat dan berencana untuk mengembangkan di Kecamatan Singkep Barat," ujarnya.

Pihkanya juga mendapatkan bantuan operasional dari Kementerian Agama Kabupaten Lingga yang diserahkan secara simbolis kepada ketua Yayasan pondok pesantren Baitul Mukhlasin Musai.

"Kami juga cukup bahagia bersamaan dengan wisudah santri ini juga kementerian agama menyerahkan secara simbolis bantuan operasional untuk pondok pesantren Baitul mukhlasin. Dan kami mohon doanya semoga pondok pesantren baitul Mukhlisin ini dapat berkembang eksis lagi," tuturnya.

Sementara itu, Camat singkep Barat, Febrizal Taupik menambahkan bahwa ini merupakan suatu harapan kepada masyarakat, sebab kegiatan wisuda diadakan di Singkep Barat.

"Ini salah satu untuk memotivasi para orang tua agar mengantarkan anak-anaknya menuju ke jalan Allah, dengan belajar dengan sungguh-sungguh di Pondok Pesantren Baitul Mukhlasin," kata Taupik.

Taupik juga menyampaikan, bahwa kepada pengurus yayasan, insyaallah kedepan pihaknya akan berusaha agar pesantren Baitul Mukhlasin ini dapat dibuka di Kecamatan Singkep Barat.

"Karena kita paham dan mengetahui bahwa banyaknya hafiz dan hafizah yang berasal dari Kecamatan Singkep Barat yang dibawa sampai ketingkat nasional," tutupnya.

Editor: Yudha