Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Paslon SINERGI dan INSANI Tolak Teken Hasil Pleno KPU Tanjungpinang
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 18-12-2020 | 19:36 WIB
aswin-kpu-tpi-diskominfo.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim dari pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 01 dan 02, Soerya Respationo-Iman Sutiawan (SINERGI) dan Isdianto-Suryani (INSANI) menolak menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan maupun yang diselenggarakan KPU Tanjungpinang.

Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, pihak tidak mengetahui alasan tim dari kedua Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Kepri tersebut menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan dan kota.

"Kata tim dari Paslon Gubernur - Wakil Gubernur Kepri nomor 02, alasan menolak menandatangani berita acara itu tidak dapat disampaikannya dalam rapat pleno tersebut," ujarnya, demikian dikutip laman resmi Diskominfo Kepri.

Di Tanjungpinang, menurut dia, penyelenggaraan Pilkada terlaksana kondusif. Selama proses pemungutan suara hingga rekapitulasi suara tidak terjadi pemungutan suara ulang.

"Pilkada Kepri di Tanjungpinang kondusif, berjalan optimal," ucapnya.

Aswin mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi suara, pasangan Cagub dan Cawagub Nomor 3, Ansar Ahmad-Marlin Agustina berhasil memperoleh suara terbanyak yakni 49.921 suara, sementara Soerya Respationo-Iman Sutiawan hanya 15.706 suara dan Isdianto-Suryani sebanyak 24.775 suara.

Ansar-Marlin berhasil memperoleh suara tertinggi di seluruh kecamatan se-Tanjungpinang. Di Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 10.504 suara, Tanjungpinang Kota 4.621 suara, Bukit Bestari 13.093 suara dan Kecamatan Tanjungpinang Timur 21.703 suara.

Jumlah suara sah di Tanjungpinang mencapai 90.402 suara, sementara suara tidak sah 2.423 suara. "Total suara sah dan tidak sah dari hasil pemungutan suara mencapai 92.825 suara," katanya.

Editor: Gokli