Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Covid-19 di Lingga Meningkat, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes
Oleh : Wandy
Senin | 14-12-2020 | 09:56 WIB
wirawan-lingga2.jpg Honda-Batam
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga Wirawan Trisna Putra. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga Wirawan Trisna Putra imbau masyarakat patuhi protokol kesehatan dan minta tim yang tergabung dalam Satgas Covid-19 perketat pengawasan.

Pasalnya hingga saat ini meningkatnya temuan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Lingga.

"Per tanggal 12 Desember 2020 ditemukan 4 kasus baru dan 38 orang kontak erat yang telah dilakukan swab, Insya Allah hari ini sampel swab dikirim ke BTKLPP kota Batam," kata Wirawan Trisna Putra, Minggu (13/12/2020).

Atas temuan kasus baru terkonfirmasi Covid-19 dan sejumlah kontak erat tersebut, Wirawan menegaskan agar masyarakat meningkatkan kesadaran disiplin protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak hindari kerumunan.

"Mari disiplin prokes dan pengawasan juga diharapkan jangan kendor, ini untuk kepentingan bersama dalam pencegahan penyabaran Covid-19. Jaga jarak hindari kerumunan dan tidak membuat kerumunan," kata dia.

Terkait pengawasan dan pendisiplinan juga diharapkan dapat ditingkatkan. Menurut Wirawan, penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan kerjasama seluruh elemen, penggunaan masker dan kerumunan perlu menjadi perhatian bersama.

"Sebab kerumunan salah satu wadah penyebaran Covid-19. Virus ini tidak terlihat mata dan siapa saja bisa terpapar dan memaparkan ke siapa saja orang yang disekitarnya," ujarnya.

Wirawan menghimbau disiplin menerapkan 3M mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak juga hindari kerumunan serta perlu menjadi perhatian bersama pelaku perjalanan berisiko wilayah transmisi lokal.

Untuk diketahui saat ini tercatat oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga terdapat sebanyak 23 orang positif Covid-19 dengan rincian, 2 meninggal dunia, 8 aktif Covid-19 dan 13 sembuh.

Editor: Yudha