Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bali Raih Nilai Ujian Nasional Terbaik SMP
Oleh : Redaksi/Tempo.Co
Sabtu | 02-06-2012 | 13:39 WIB
mendikbud.jpg Honda-Batam

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

JAKARTA, batamtoday - Hasil ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama direncanakan diumumkan serentak melalui jaringan Internet maupun di luar jaringan Internet sejak pukul 00.00, Sabtu dinihari tadi. Hasilnya, seperti pada ujian nasional tingkat sekolah menengah atas, pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP), pelajar dari luar Jakarta mendominasi peraihan nilai ujian nasional murni terbaik. 

Di antara sepuluh siswa peraih nilai terbaik, tujuh berasal dari SMP Negeri 1 Denpasar, Bali. Sisanya, seorang dari Jakarta, dan seorang lagi dari Semarang. “Sungguh luar biasa, mayoritas peraih nilai UN terbaik berasal dari satu sekolah yang sama,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam konferensi pers di kantornya di Jakarta kemarin. 

Nuh mengatakan tak ada SMP yang siswanya 100 persen tidak lulus ujian nasional. Ada peningkatan jumlah kelulusan yang terus membaik. Selain itu, kata dia, dengan mekanisme syarat kelulusan baru, Nuh yakin ujian nasional mampu menggambarkan potensi siswa selebar mungkin. Ketiadaan sekolah yang 100 persen siswanya tidak lulus, menurut dia, karena syarat kelulusan tidak lagi murni didasarkan pada ujian nasional. “Ada nilai ujian sekolah yang diberikan sekolah dan merupakan hasil penilaian pembelajaran siswa selama ia bersekolah,” kata dia.

 

Sebelumnya, kelulusan siswa hanya dilihat berdasarkan nilai ujian nasional murni. Namun, sejak tahun ini, syarat kelulusan didasarkan pada nilai akhir, yaitu akumulasi hasil ujian nasional murni dengan kontribusi penilaian 60 persen dan nilai sekolah dengan kontribusi penilaian sebesar 40 persen.

Selain itu, siswa SMP dinyatakan lulus ujian nasional jika nilai rata-rata paling rendah 5,5, dan nilai tiap mata pelajaran paling rendah 4,0. Tahun ini tingkat kelulusan ujian nasional menembus 99,57 persen. Angka tersebut meningkat sekitar 0,12 persen dibandingkan dengan tingkat kelulusan ujian nasional SMP tahun lalu yang sebesar 99,45 persen. 

Daftar 10 siswa peraih nilai UN SMP murni terbaik:

  1. Ni Putu Tamara Bidari Suweta: SMPN 1 Denpasar, Bali: Nilai 40,00 
  2. Novia Meizura: SMPN 49 Jakarta: Nilai 39,80 
  3. Amalia Adinugraha Arisakti: SMPN 5 Semarang: Nilai 39,80
  4. Anggi Indah Safitri: SMPN 1 Bondowoso: Nilai 39,80 
  5. Adella Felita Tantra: SMPN 1 Denpasar: Nilai 39,80
  6. Julia Justina: SMPN 1 Denpasar : Nilai 39.80
  7. Made Surya Dharmawan: SMPN 1 Denpasar: Nilai 39.80
  8. I Putu Arya Aditya Nugraha: SMPN 1 Denpasar: Nilai 39,80
  9. Gede Fajar Satria: SMPN 1 Denpasar: Nilai 39,80
  10. Ketut Nindy Rahayu Sugitha: SMPN 1 Denpasar: Nilai 39.80