Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Keenam, Tenaga Medis di Anambas Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 09-11-2020 | 12:04 WIB
sahtiar-anambas-new11.jpg Honda-Batam
Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasien Covid-19 di Kepulauan Anambas bertambah 1 orang. Ini merupakan hasil tracing dari pasien 05 yang sama-sama bertugas di RSUD Palmatak.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, pasien 06 merupakan pegawai yang bertugas di RSUD Palmatak.

Pasien 06 diketahui, kontak erat dengan pasien 05. Gejala yang dialami yaitu demam dan hilangnya penciuman. Dan ketika dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali, pasien 06 terkonfirmasi positif.

"Hasil tracing dari pasien 05, pasien covid-19 bertambah 1 dengan inisial Ny P (33). Dan saat ini tengah dirawat di RSUD Palmatak," terang Sahtiar, Senin (9/11/2020).

Sahtiar menerangkan bahwa Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap melanjutkan tracing terhadap pasien yang terkonfirmasi covid-19 baik di tempat beraktivitas dan yang melakukan kontak erat.

"Kita sudah melakukan swab terhadap seluruh tenaga medis yang ada di RSUD Palmatak. Selanjutnya kita akan melakukan tracing terhadap keluarga atau tempat beraktivitas lainnya," ucap Sahtiar.

Sahtiar tetap mengimbau kepada semua elemen untuk bersama-sama memutus mata rantai covid-19 di Kepulauan Anambas. Dan kepada masyarakat diharapkan tetap tenang dan mengutamakan protokol kesehatan.

"Jangan sampai gundah oleh kabar angin. Kami tegaskan kembali, setiap perkembangan pasien covid-19 hanya dirilis oleh Satgas. Kepada masyarakat kami himbau tetap disiplin terhadap protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak," jelasnya.

Editor: Yudha