Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Fadel Muhammad Harapkan Pemuda Miliki Spirit Entrepreneur
Oleh : Irawan
Rabu | 28-10-2020 | 08:04 WIB
del_muhammad_btn.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad (kiri) (foto: MPR)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Memperingati 92 Tahun Sumpah Pemuda pada 28 Oktober ini, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengharapkan para pemuda agar memiliki spirit atau semangat entrepreneur atau kewirausahaan.

Para pemuda agar mengubah pola pikir bukan lagi mencari pekerjaan tetapi bagaimana memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada di masyarakat.

"Saya mengharapkan agar para pemuda ini memiliki spirit entrepreneur, spirit kewirausahaan. Kita harapkan spirit kewirausahaan menjadi ciri baru bagi pemuda pada tahun-tahun ini," katanya usai menerima Dirut BTN Pahala Mansury, di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR, Gedung Nusantara III Lantai 9, Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Senin (27/10/2020).

Menurut Fadel Muhammad, generasi muda harus mengubah pola pikir selama ini, yaitu setelah lulus sekolah mencari pekerjaan.

"Pola pikir ini harus diubah. Jangan berpikir mencari pekerjaan apa yang ada di luar, tetapi mengubah pola pikir itu menjadi ada kesempatan apa di masyarakat. Jadi berpikir opportunity, berpikir mencari kesempatan atau peluang yang ada di masyarakat," katanya.

Fadel menambahkan selama ini masih sedikit pemuda yang berpikir atau mempunyai spirit kewirausahaan.

"Selama ini memang ada pemuda yang mempunyai spirit kewirausahaan, tapi masih sedikit. Kita perlu melahirkan jiwa-jiwa entrepreneur di kalangan pemuda. Kita harus mendidik dan mendorong mereka ke arah sana. Saya professor untuk hal seperti itu," kata guru besar kewirausahaan ini.

Salah satu cara untuk melahirkan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan, lanjut Fadel, adalah melalui pendidikan kewirausahaan. Misalnya dengan terjun langsung dalam pengelolaan koperasi mahasiswa (Kopma) di perguruan tinggi. Karena itu koperasi mahasiswa di perguruan tinggi harus diaktifkan kembali.

"Benih-benih atau bibit unggul dari entrepreneur ada di perguruan tinggi, tinggal bagaimana menstimulir dan mendorong sehingga lahir kewirausahaan berbasis kampus," kata Ketua Umum Inkopkar (Induk Koperasi Karyawan) ini.

Dalam satu kesempatan, Fadel pernah mengungkapkan sedikitnya ada tujuh ciri wirausaha atau entrepreneur. Pertama, memiliki leadership. Kedua, melakukan inovasi.

"Kunci pengusaha adalah inovatif, yang artinya melakukan sesuatu yang baru tetapi lebih bagus dan lebih baik," ucapnya.

Ketiga, memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang didominasi otak kanan atau mengasah intuisi. Keempat, mempunyai sikap yang tanggap terhadap perubahan.

"Ini yang paling sulit. Attitude toward the change. Wirausaha harus berani atau mau berubah jika ada sesuatu yang baru. Wirausaha memiliki sikap terbuka terhadap perubahan," jelasnya.

Kelima, tidak hanya bekerja keras, wirausaha juga harus bekerja cerdas. Artinya, bekerja dengan menggunakan kepintaran (pikiran yang smart). Keenam, memiliki visi masa depan berdasarkan kemampuan atau kapabilitas, peluang, dan strategi. Ketujuh, berfokus pada peluang yang ada dengan mengkalkulasi risiko secara cermat.

"Ketujuh ciri itu harus dimiliki seorang wirausaha atau entrepreneur. Kopma bisa melahirkan wirausaha dengan ciri-ciri seperti itu," imbuhnya.

Editor: Surya