Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadiri Haul KH Hamid, LaNyalla Apresiasi Anggaran Pemerintah untuk Pesantren
Oleh : Irawan
Selasa | 27-10-2020 | 08:20 WIB
La_nyalla_kh_hamid.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berkunjung ke Pasuruan (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Pasuruan - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan apresiasi kepada pemerintah atas alokasi anggaran sebesar Rp. 2,6 triliun untuk pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan serta diniyah.

Anggaran yang ditetapkan bersamaan dengan Hari Santri 22 Oktober itu dimaksudkan agar pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid saat ini.

Demikian ditegaskan LaNyalla di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan, Senin (26/10/2020).

"Karena memang, minggu lalu, saya keliling ke beberapa pondok pesantren di Jatim, mayoritas belum mendapat bantuan dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan bagi santri. Dan, alhamdulillah, aspirasi tersebut langsung direspon pemerintah pusat," tandasnya.

LaNyalla hadir di Ponpes yang diasuh KH Idris Hamid itu dalam rangka mengikuti peringatan Maulid Nabi dan Haul ke-39 alm KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar dan Haul ke-30 alm Ibu Nyai Hj. Nafisah binti KH Achmad Qusyairi.

Dalam sambutannya, LaNyalla meyakini jika umat Islam di Indonesia dapat meneladani empat sifat Rasulullah, yakni Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah, maka Indonesia pasti akan menjadi bangsa panutan dan negara adidaya.

"Karena kualitas manusianya yang unggul. Baik kualitas pejabatnya, maupun kualitas rakyatnya," tandasnya.

Ia juga berharap, sifat dan konsistensi serta kearifan Mbah Hamid— panggilan akrab KH Abdul Hamid, dapat diteruskan oleh generasi berikutnya.

"Oleh karena itu acara Haul seperti ini perlu. Karena selain sebagai pengingat, juga sebagai inspirasi bagi generasi penerus, bahwa kita adalah bangsa yang besar, karena kita memiliki banyak Ulama besar. Bahkan Ulama yang masuk dalam kategori Kekasih Allah SWT," urainya.

Di penghujung sambutannya, LaNyalla yang sempat selama tiga tahun nyantri langsung dengan Kiai Hamid berharap para Ulama terus membimbing dan mendo’akan rakyat Indonesia, agar rakyat Indonesia, khususnya umat muslim dapat meneladani empat sifat Rasulullah, sehingga ke depan Indonesia senantiasa menjadi negeri yang baldatun thoyibatun warobbun ghofur.

Acara Haul kali ini, selain LaNyalla, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin turut memberi sambutan secara virtual. Sementara mauidzah hasanah diberikan oleh KH Mustofa Bisri (virtual) dan KH Bahaudin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha.

Tampak sejumlah habaib, kiai dan masyayikh hadir di kursi barisan depan dan di dalam rumah utama. Tampak pula Senator asal Aceh, Fachrul Razi dan Senator asal Lampung, Bustami Zainuddin.

Editor: Surya