Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minggu, Debat Perdana Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun Digelar di Hotel Aston
Oleh : Freddy
Jumat | 23-10-2020 | 17:52 WIB
debat-I-karimun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Jadwal debat perdana Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - KPU Karimun bakal menggelar debat perdana Paslon Bupati dan Wakil Bupati pada Minggu (25/10/2020) di Hotel Aston Karimun.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, debat perdana ini digelar mulai pukul 20.00 WIB dengan pembatasan jumlah yang hadir di dalam ruangan debat publik.

"Debat Paslon tersebut akan dilakukan sebanyak tiga putaran. Putaran pertama akan dilaksanakan di Hotel Aston Karimun, 25 Oktober 2020 dan putaran kedua dan putaran ketiga akan dipikirkan lagi tanggal dan tempat pelaksanaannya," kata Eko, Jumat (23/10/2020).

Mengingat sekarang ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Eko Purwandoko mengatakan, pihaknya terpaksa membatasi jumlah peserta yang bisa masuk ke dalam ruang debat dan tentunya wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Peserta yang diperbolehkan masuk di dalam ruang debat yakni Paslon dengan 4 orang tim kampanye maupun LO-nya ditambah dengan 2 orang dari Bawaslu serta 5 orang Komisioner KPU, serta panelis dan beberapa wartawan yang diundang. Lebih kurang ada 17 orang saja yang diizinkan masuk ke dalam ruangan," ungkapnya.

Terkait siapa yang menjadi panelis dalam debat Paslon nanti, Eko Purwandoko mengatakan, para panelis berasal dari luar Kabupaten Karimun dan ada dari latar belakang profesional dan juga dari akademisi dengan jumlah paling banyak 5 orang.

"Para panelis sengaja kita datangkan dari luar Kabupaten Karimun, hal ini untuk menghindari konflik kepentingan," katanya.

Lanjutnya, para kandidat nantinya akan menjalani sesi debat dalam beberapa segmen dan tidak boleh ada yel-yel saat debat ketika debat masih berlangsung.

Tema debat publik putaran pertama yakni 'Kesejahteraan Masyarakat dan Penanganan Pandemi Covid-19', dengan sub tema ekonomi, sandang pangan dan kemiskinan, SDM/pendidikan. Acara debat Paslon bisa dilihat dan didengar masyarakat luas, KPU Kabupaten Karimun telah berkerjasama dengan Tv maupun radio.

Adapun Paslon dalam Pilkada Karimun, yakni nomor urut 01 Anuru Rafiq - Anwar Hasyim dan nomor urut 02 Ing Iskandarsyah - Anwar Abubakar.

Editor: Gokli