Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Covid-19 Salah Satu Tema Debat Kandidat Pilkada Kepri 2020
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-10-2020 | 17:52 WIB
arison-tema-debat.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Anggota KPU Kepri, Arison. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau menetapkan permasalahan Covid-19, salah satu tema yang dibahas dalam debat kandidat Pilkada 2020.

Anggota KPU Kepri, Arison mengatakan, tema tentang Covid-19 wajib disajikan dalam debat kandidat Pilkada.

"Ini berlaku wajib untuk Pilkada lanjutan di tengah pandemi Covid-19. Tentu strategi Paslon dalam menangani permasalahan itu perlu didengar masyarakat," katanya, baru-baru ini, demikian dikutip laman resmi Diskominfo Kepri.

Arison mengemukakan tema lainnya berhubungan dengan perekonomian daerah dan birokrasi pemerintahan. "Seluruh tema dalam debat kandidat sudah disampaikan kepada tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri melalui petugas penghubung," ujarnya.

Sementara terkait jadwal pelaksanaan debat, KPU Kepri telah meminta usulan dari masing-masing kandidat. Namun dipastikan debat kandidat yang berlangsung tiga kali itu tidak dilaksanakan setiap hari.

Debat kandidat dapat berlangsung setiap dua pekan sekali atau tiga pekan sekali, namun tidak boleh melewati masa tenang. "KPU Kepri menginginkan dimulai pada pekan pertama November 2020, kemudian dilanjutkan pekan ketiga November 2020, dan terakhir dilaksanakan pada awal Desember 2020," ujarnya.

KPU Kepri pun meminta usulan dari ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri sebelum memutuskan teknis debat kandidat dari tahap pertama hingga ketiga apakah seluruh pasangan calon dilibatkan.

"Bisa saja pada tahap awal debat hanya melibatkan Cagub, kemudian tahap kedua Cawagub, dan tahap ketiga pasangan calon dilibatkan. Senin (kemarin) kami sudah harus mendapat jawaban dari masing-masing kandidat," ucapnya.

Editor: Gokli