Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paslon INSANI Siap Majukan Kepri dengan 6 Misi Mulia dan 60 Program Unggulan
Oleh : Putra Gema
Senin | 12-10-2020 | 18:27 WIB
INSANI-Kepri.jpg Honda-Batam
Paslon INSANI (tengah) sebelum penyampaian visi misi dalam rapat paripurna DPRD Kepri, Senin (12/10/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur memaparkan satu per satu visi misi mereka dalam rapat paripurna istimewa di DPRD Kepri.

Untuk Paslon Isdianto dan Suryani (INSANI), mereka menyampaikan setidaknya 6 misi. Bahkan, telah menyiapkan 60 program unggulan demi menjadikan Kepri semakin maju dan gemilang.

Visinya, terwujudnya Provinsi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Gemilang, Religius dan Unggul di bidang maritim. Terhadap skala prioritas, ada beberapa hal yang disampaikan adik kandung mendiang mantan Gubernur Kepri H Muhammad Sani itu. "Pertama, meningkatkan skor IPM Kepri menjadi level sangat tinggi atau di atas 80, menjadi provinsi dengan skor Indek Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Indonesia," kata Isdianto di DPRD Kepri yang juga disiarkan secara daring, Senin (12/10/2020).

Kedua, menurunkan angka kemiskinan hingga di bawah 5 persen. Ketiga, menekan angka pengangguran hingga di bawah 5 persen, termasuk meningkatkan kualitas dan akses pekerja lokal agar semakin berdaya saing.

Keempat, meniadakan angka putus sekolah dengan menggratiskan biaya pendidikan untuk anak-anak Kepri. Sementara yang bersekolah di sekolah swasta akan diberikan subsidi pendidikan.

Kelima, meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kesehatan dengan menjangkau 52 kecamatan dan 299 kelurahan/desa. Keenam, menumbuhkan sentra-sentra ekonomi kreatif dan digital di setiap wilayah, termasuk melindungi dan mengakomodasi hak dan kesejahteraan pekerja/buruh secara maksimal.

"Napas kami adalah napas membangun Kepri, napas membangun budaya dan peradaban Bumi Tanah Melayu. Tentunya segenap napas, jiwa dan raga kami akan kami wakafkan dan kami persembahkan untuk membangun Provinsi Kepri yang kita cintai ini. Semoga Allah SWT senantiasa berkenan membimbing kami agar menjadi pemimpin yang amanah dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Lanjut Isdianto, untuk misi pertama, Isdianto dan Suryani akan meneruskan pembangunan sektor pendidikan dan kebudayaan maju dengan meningkatkan kualitas baik sarana prasarana maupun SDM, serta menjamin pemerataan akses pendidikan agar terbentuk peserta didik yang unggul berprestasi dan berakhlak mulia.

"Tentunya hal ini dengan upaya menjamin ketersediaan pendikan gratis sampai tingkat SLTA di sekolah negeri dan memberi subsidi pendidikan untuk sekolah swasta serta memberikan beasiswa untuk anak Kepri berprestasi. Lalu, mendorong penguatan pendidikan karakter untuk membangun SDM unggul dan berahlak mulia. Ketiga, pelestarian budaya melayu untuk menegaskan Kepri sebagai bunda tanah melayu, serta memajukan sektor pendidikan informal dengan mendirikan sejumlah BLK (Balai Latihan Kerja) dalam rangka menjamin kualitas tenaga kerja lokal," ungkapnya.

Selanjutnya, pada misi kedua juga meneruskan pembangunan sektor kesehatan yang maju dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan termasuk optimalisasi tenaga kesehatan profesional serta mendorong pelaksanaan hidup bersih dan sehat.

"Menjamin akses terhadap layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kepri, melengkapi sarana dan prasarana kesehatan terutama untuk penanganan Covid-19, dan menyiapkan tenaga kesehatan berkualitas merata di semua daerah," lanjutnya.

Pada misi ketiga, Isdianto menyampaikan, pembangunan sektor perekonomian yang maju dan unggul produktif dan berdaya saing. "Mewujudkan perluasan kawasan FTZ sebagai basis percepatan pertumbuhan ekonomi di semua kabupaten/kota, Menguatkan ekonomi kerakyatan yang didukung sektor industri dan UMKM yang tangguh, serta Memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah," ungkapnya lagi.

Untuk misi keempat, pembangunan sektor maritim dengan fokus pada peningkatan konektivitas wilayah agar terjadi pemerataan. "Pada misi kelima, meneruskan pembangunan sektor agama dan sosial kemasyarakatan sehingga terbangun kehidupan yang rukun, aman, damai, sejahtera," tegasnya.

Pada misi keenam atau terakhir, pihaknha akan meneruskan pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, profesional dan responsif. "Izinkanlah kami bersatu bersama masyarakat untuk meneruskan pembangunan, untuk mewujudkan Provinsi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang maju, gemilang, religius dan unggul di bidang Maritim," tutupnya.

Editor: Gokli