Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Aman Pakai Masker saat Makan di Restoran
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-10-2020 | 11:16 WIB
sosialisasi-tpi-timur11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Dok)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat pembatasan di wilayah sebagai upaya menghentikan penyebaran Covid-19 dilonggarkan, sejumlah tempat makan dan kafe kembali dibuka. Beberapa hal harus diperhatikan pengunjung saat memutuskan berkunjung dan makan di lokasi.

Sejumlah hal penting untuk diperhatikan pengunjung ketika mengunjungi tempat makan. Melansir Healthline, hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah protokol kesehatan pelayan restoran, ventilasi restoran, dan kebersihan alat-alat makan.

Selain ketiga hal tersebut, yang perlu diperhatikan lagi adalah penggunaan masker di restoran. Menggunakan masker merupakan salah satu dari kampanye 3M yang disampaikan pemerintah: #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitangan.

Berikut tips untuk mengakali penggunaan masker di saat makan atau minum di restoran.

1. Pakai masker saat masuk restoran
Karena Anda datang untuk makan tanpa mengenakan masker, bukan berarti Anda tidak diharuskan mengenakan masker jika mengunjungi restoran atau kafe.

Selain sebagai syarat masuk sebuah restoran, gunakanlah masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

2. Buka masker saat pesanan datang
Bukalah masker ketika memang waktunya dibuka, artinya saat makan dan minum. Tapi tetap gunakan masker selama menunggu pesanan Anda tiba.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah droplet jatuh dan menempel di benda-benda sekitar.

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering melepas dan memakai masker kembali. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi kontak antara masker dan tangan.

3. Lepas masker Anda dengan baik
Dilansir dari Eatthis, sejumlah ahli menyatakan bahwa melepas masker yang baik dimulai dengan hanya menyentuh tali masker.

Hindari menyentuh bagian luar masker Anda karena bagian tersebut merupakan bagian yang paling riskan terkontaminasi kuman maupun virus.

4. Simpan masker di tempat khusus
Ke mana pun Anda pergi, sebaiknya membawa tas atau tempat khusus untuk menyimpan masker. Hindari meletakkan masker di atas meja saat makan.

Karena memastikan meja restoran tak bisa dipastikan benar-benar steril dari virus.

5. Setelah selesai makan, pakai kembali masker Anda
Jika setelah makan Anda tidak langsung pulang dan berbincang di meja terlebih dahulu, langsung gunakan kembali masker Anda. Ingatlah bahwa Anda sedang berada di tempat umum, di mana Anda kembali wajib memakai masker.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha