Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Percepat Pembagunan Bintan, Paslon Apri-Robby Canangkan Program Gerbang Kampung
Oleh : Harjo
Senin | 05-10-2020 | 19:36 WIB
gerbang-kampung.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Calon Bupati Bintan, Apri Sujadi saat sosialisasi di Wak Copek, Senin (5/10/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bintan, Apri Sujadi-Roby Kurniawa (Apri - Roby) terus memikirkan kondisi daerahnya. Di mana, sebagai calon petahana, Apri Sujadi terus-menerus berinovasi untuk kebaikan daerah dan kemajuan masyarakat Bintan.

"Kemajuan daerah harus dimulai dari kampung. Kampung berkembang, daerah maju, masyarakat sejahtera," kata Apri saat menyosialisasikan program lima tahun mendatang kepada masyarakat di Wak Copek, Bintan, Senin (5/10/2020).

Pemikirannya itu membuahkan program Gerakan Bangun (Gerbang) Kampung. Program berbasis pemberdayaan masyarakat sebagai stimulis untuk mempercepat pembangunan berbagai sektor kehidupan dimulai dari kampung.

Dalam program ini, seluruh RW mendapat bantuan dari Pemda sebesar Rp 100 juta/tahun. Gerbang Kampung untuk menggairahkan pembangunan sekaligus memulihkan dan menumbuhkan perekonomian warga secara optimal.

"Pemulihan ekonomi kerakyatan menjadi atensi kami, setelah terdampak pandemi Covid-19," ujarnya.

Mengenai program kerja RW dalam pengelolaan anggaran tersebut, menurut disesuaikan dengan kebutuhan kampung. Namun pembinaan dan pengawasan dalam pengelolaan anggaran tetap dilakukan petugas yang berwenang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengelolaan anggaran kampung dalam program tersebut diupayakan swakelola, dengan harapan anggaran yang terserap itu dapat meningkatkan pendapatan warga di kampung tersebut.

Sebagai contoh, pembangunan drainase atau jalan, dilakukan oleh warga kampung. Tujuannya, anggaran tersebut kembali kepada para pekerja, yang merupakan warga di kampus itu.

"Bintan adalah rumah kita sehingga kita harus membangunnya lebih komprehensif, dan menyeluruh. Dimulai dari kampung kita," imbuhnya.

Dalam program Gerbang Kampung itu, Apri-Roby juga mendorong pembentukan lembaga keuangan berupa Koperasi Syariah, Kampung Wisata, Kreatif dan Inovatif, serta Kampung Tahan Pangan. "Tentu program-program itu disesuaikan dengan karateristik kampung, sumber daya manusia dan sumber daya alam yang akan dikelola," katanya.

Editor: Gokli