Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Corona di Batam Kian Mengerikan, Sehari Ratusan Karyawan Pabrik Positif
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-09-2020 | 09:41 WIB
dr-didi11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Batam Didi Kusmarjadi. (Foto: Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kasus Covid-19 di Batam kian mengganas. Pada Selasa (22/9/2020) kemarin sebanyak 119 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Angka tersebut menjadi rekor baru jumlah positif terbanyak dalam sehari di Kota Batam.

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Batam Didi Kusmarjadi membenarkan adanya penambahan kasus baru apapun hasil tracing. Data tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang.

"Tercatat kemarin ada penambahan kasus positif covid-19 di Batam sebanyak 119 kasus. Terdiri dari 36 orang laki-laki dan 83 orang perempuan yang didominasi oleh asimptomatik atau orang tanpa gejala," ujar Didi Rabu (23/9/2020).

Didi mengatakan dari 119 orang terkonfimasi positif maroritas merupakan karyawan swasta di dua perusahaan Penanam Modal Asing (PMA) di Batam yang menjadi klaster baru. Hal itu, setelah sejumlah karyawan di PT Philips kawasan Batamindo dan PT Infenion yang berada di kawasan Panbil terpapar corona.

"Ada claster baru di dua perusahaan tersebut. Ini disebabkan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktifitas sehari-hari," ujarnya.

Dengan adanya penambahan angka covid-19 di Kota Batam, tercatat sudah ada 1.357 orang terpapar corona. Dengan rincian 669 orang sembuh, 43 orang meninggal dunia dan 645 orang dalam perawatan dibeberapa rumah sakit di Batam.

Dengan demikian dapat disampaikan bahwa dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster dapat disimpulkan sementara bahwa saat ternyata terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di berbagai aktifitas sehari-hari.

Sehingga hal ini nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

"Kami ingatkan dan himbau kembali guna kemaslahatan bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap dirumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup," himbau Didi.

Editor: Yudha