Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Gelar Bimtek Dana Kampanye Kepala Daerah pada Pilkada Serentak 2020
Oleh : Freddy
Senin | 21-09-2020 | 18:36 WIB
bimtek-kada-karimun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bimtek dana kampanye Kepala Daerah pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun, Senin (21/9/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar bimbingan teknis (Bimtek) laporan dana kampanye pada Pilkada serentak 2020 di Hotel Alisan, Senin (21/9/2020).

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan melibatkan peserta dari Partai politik yang terdiri dari ketua dan bendahara serta Lo dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Materi dalam Bimtek, dana kampanye Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada tahun 2020 disajikan langsung Benny Suparman dari Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) di Batam," jelasnya.

Eko Purwandoko menjelaskan, terkait dengan dana kampanye sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 5 tahun 2017 tentang dana kampanye peserta pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kata Eko Purwandoko, dalam PKPU nomor 5 tahun 2017 sudah diatur dengan jelas tentang ketentuan umum dana kampanye, baik terkait sumber dana, bentuk dan pembatasan pembiayaan kampanye, rekening khusus dana kampanye, pelaporan dana kampanye, pencatatan dana kampanye, laporan awal dana kampanye, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye, audit dana kampanye, rekening khusus dana kampanye, pelaporan dana kampanye , pencatatan dana kampanye.

Ia mengatakan, kegiatan Bimtek dana kampanye Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada Pilkada 2020, dibuat lebih awal karena sebentar lagi akan masuk tahapan kampanye dan kampanye tentunya tidak terlepas dari dana kampanye.

"Laporan awal dana kampanye Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada Pilkada 2020 harus sudah masuk pada 25 September 2020 dan akan diumumkan 26 September 2020," tutup Eko Purwandoko, sembari mengatakan kegiatan ini juga dihadiri langsung Bawaslu Karimun.

Editor: Gokli