Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanud Hang Nadim Batam Berikan Peringatan Peternak Babi di Wilayah KKOP
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 16-09-2020 | 09:24 WIB
peternakan-babi1.jpg Honda-Batam
Anggota Lanud Hang Nadim dan Ditpam BP Batam mendapati peternakan babi di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan. (Putra Gema/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim bersama Ditpam BP Batam memberi peringatan kepada peternak babi di Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Urip Widodo mengatakan, operasi penertiban kali ini sebagai tindak lanjut dari penertiban yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Kali ini, ia mengungkapkan, pihaknya menemukan lokasi peternakan babi di beberapa lokasi di dalam wilayah KKOP Bandara Hang Nadim Batam.

Pihaknya pun langsung memberikan peringatan secara lisan dan persuasif agar peternakan tersebut segera dibersihkan atau dibongkar dengan suka rela.

"Kami berikan kesempatan dan kelonggaran waktu selama satu minggu kepada pengelola peternakan agar segera membongkar dan membersihkan lahan tersebut dari aktifitas tak berizin," kata Urip, Rabu (16/9/2020).

Tidak berhenti di situ, ketika ditelusuri lebih jauh, pihaknya juga mendapatkan informasi bahwasanya terdapat beberapa oknum yang melakukan transaksi sewa menyewa lahan di sana.

"Lahan-lahan ini diakui disewa mereka sebesar Rp 1,5 juta dan dibayarkan kepada MT. Sampai saat ini kami masih mendalami modus pungli ini," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya telah memberikan teguran secara lisan kepada pihak-pihak yang mengaku telah menyewa lahan tersebut melalui MT. Agar dapat meninggalkan lokasi tersebut secepatnya.

Tidak hanya peternakan babi, pihaknya juga melakukan peneguran terhadap pelaku penambang pasir, hingga warga yang berkebun di wilayah KKOP Bandara Hang Nadim Batam.

"Kegiatan sewa-menyewa lahan ini harus kita benahi," tegasnya.

Editor: Yudha