Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanud Hang Nadim Bakal Tindak Tegas Pelaku Pembukaan Lahan di Kawasan KKOP
Oleh : Putra Gema
Selasa | 08-09-2020 | 17:26 WIB
pantroli-kkop.jpg Honda-Batam
Prajurit Lanud bersama Ditpam BP Batam dan Avsec saat partoli di kawasan KKOP Hang Nadim. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim bersama Ditpam BP Batam, Avsec Bandara dan Avsec Batam Aero Technik melaksanakan patroli KKOP Bandara Hang Nadim Batam.

Patroli Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) ini dilaksanakan di wilayah 900 meter dari ujung landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam.

Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Urip Widodo mengatakan, dalam kegiatan ini satu regu pasukan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) diterjunkan untuk mengamankan lokasi yang disinyalir sengaja dibakar untuk membuka lahan perkebunan oleh oknum tidak bertanggungjawab dan tidak memahami tentang keselamatan penerbangan.

Dijelaskannya, KKOP relatif sangat luas, mulai dari pinggir landas pacu sampai radius 15.000 m dengan ketinggian yang berbeda-beda sampai 150 m relatif terhadap Titik Reference Bandar Udara.

"Bangunan dan benda tumbuh di dalam KKOP harus diatur dan dikendalikan, tidak melebihi batas ketinggian kawasan keselamatan operasi penerbangan," kata Urip, Selasa (8/9/2020).

Lanjut Urip, mengacu dari hukum KKOP ini, ia menegaskan, apapun yang berhubungan dengan kegiatan atau aktivitas di sekitar wilayah KKOP Bandara Hang Nadim, harus dilaksanakan dengan aturan dan prosedur yang benar.

"Saya akan menindak tegas pelanggaran hukum yang terjadi di wilayah KKOP, apalagi sesuatu yang dapat mengancam keselamatan penerbangan" tegasnya.

Diungkapkannya, pihaknya bersama Bandara Hang Nadim akan terus menelusuri pihak-pihak yang harus bertanggungjawab atas terjadinya pembukaan lahan liar tersebut. "Sampai saat ini kami masih meneluauri siapa dalang pembukaan lahan liar ini. Nantinya akan ditindak tegas," tutupnya.

Editor: Gokli