Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Covid-19 di Tanjungpinang Bertambah 7 Orang
Oleh : Asyri
Kamis | 10-09-2020 | 11:16 WIB
sembuh-lagi-tpi-corona1.jpg Honda-Batam
Plt Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kasus positif Covid-19 di Tanjungpinang kembali bertambah 7 orang. Dengan penambahan ini, jumlah pasien positif Covid-19 di Tanjungpinag menjadi 264 orang.

"Kami sampaikan penambahan 7 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 yang merupakan hasil temuan penelusuran dari kasus-kasus positif sebelumnya (tracing), sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode RT PCR yang dilakukan di BTKL PP Batam dan RSKI Galang, kasus baru ini terdiri dari 3 laki-laki dan 4 perempuan," ujar Plt Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, Kamis (10/9/2020).

Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan PP & KB Kota Tanjungpinang melaksanakan tracing (penelusuran) pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien dan tempat beraktifitas lainnya dan bila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di BTKL PP Batam.

"Kami menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini. Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tinggal satu rumah, keluarga tidak satu rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa kita cegah bersama-sama," ujarnya.

Selain itu, Rahma juga menyampaikan tiga pasien Covid-19 di Tanjungpinang dinyatakan telah sembuh.

"Sampai saat ini total pasien Covid-19 Kota Tanjungpinang yang sudah dinyatakan selesai isolasi (sembuh) berjumlah 143 orang," terang Rahma.

"Pasien yang sembuh pada tersebut terdiri dari kelompok (klaster) dan perorangan, semuanya perempuan, sebagaimana hasil pemeriksaan RT-PCR yang diterima dari BTKL PP Batam," tambah Rahma.

Rincian oasien sembuh tersebut yakni, kasus konfirmasi nomor 142, Ny.IR, (43). Kasus konfirmasi nomor 155, Nn.AE, (20) dan kasus konfirmasi nomor 172, Ny.HM, (38).

Semua pasien di atas dinyatakan sudah selesai isolasi (sembuh) dan dapat melakukan aktifitas sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor. Namun demikian protokol pencegahan penularan COVID-19 tetap harus dilaksanakan dengan disiplin, seperti memakai masker dengan benar.

Editor: Yudha