Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelayanan Kesehatan Kembali Dibuka, Puskesmas Tiban Baru Siapkan Ruangan Screaning Covid-19
Oleh : Putra Gema
Rabu | 09-09-2020 | 18:20 WIB
puskes-tiban-baru.jpg Honda-Batam
Puskesmas Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puskesmas Tiban Baru kembali membuka jam oprasional layanan kesehatan setelah sebelumnya ditutup sementara.

Kepala Puskesmas Tiban Baru, Ana Hasina mengatakan, meskipun seluruh Poliklinik di Puskesmas Tiban Baru, telah membuka seluruh layanannya, akan tetapi saat ini petugas yang melayani pasien juga masih terbatas, serta adanya pemberlakuan Work From Home (WFH) bagi para pegawai.

"Agar tidak terlalu padat. Jadi sebagian WFH. Kalau mereka yang terpapar kemarin belum saya perbolehkan masuk, mereka harus karantina mandiri dulu. Paling minggu depan baru kembali bertugas," kata Ana melalui telepon selulernya, Rabu (19/9/2020).

Dijelaskannya, untuk saat ini ruangan pelayanan juga sudah disterilisasi agar bisa memutus mata penyebaran Covid-19. Selain itu, pihaknya juga menyediakan ruangan screaning Covid-19.

"Ketersediaan pojok Covid sebagai langkah screning awal, yang akan dilakukan dengan sangat ketat oleh tim medis," ujarnya.

Mengenai peningkatan keamanan bagi Nakes, Ana mengungkapkan, untuk bagian pelayanan petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) level pertama dan kedua.

Sementara, petugas melayani pasien menggunakan Face Shield dan masker dan untuk pasien rujukan baru menggunakan APD level tiga atau pakaian pelindung diri lengkap. "Selain itu baju hazmat tetap disediakan di pelayanan. Namun untuk pasien rujukan saja baru digunakan. Sementara level satu dan dua saja dulu," tutupnya.

Editor: Gokli