Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Kabupaten Bintan Baru Ada 1 Paslon Kada, Suryadi: Ini Musibah Bagi Demokrasi
Oleh : Asyari
Senin | 07-09-2020 | 16:40 WIB
DR-Suryadi.jpg Honda-Batam
DR Suryadi, Dosen UMRAH Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - KPU Bintan akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran Paslon Kepala Daerah pada Kamis-Sabtu (10-12/9/2020). Menyusul, hingga batas akhir pendaftaran pada Minggu (6/9/2020) hanya ada satu pasangan calon yang mendaftara yakni Apri Sujadi - Roby Kurniawan.

Menanggapi hal ini, pengamat politik di Kepri, Suryadi mengapresiasi langkah yang diambil KPU Bintan, meski memang diperbolehkan secara aturan. Ini, menjadi kesempatan bagi Partai politik untuk mengevaluasi, salah satu tugas fungsinya memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

"Kita mengimbau kepada Parpol, cobalah kembali untuk melakukan evaluasi secara internal dengan memperhatikan pentingnya pesta demokrasi ini bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, berikanlah pendidikan politik yang terbaik kepada masyarakat," kata Suryadi, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (07/09/2020).

Dosen Universitas Maratim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang yang telah menyandang gelar doktor ini, melanjutkan, Parpol di Kabupaten Bintan harusnya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pemimpin dengan adanya beberapa Paslon yang maju Pilkada 2020.

"Jika pun tidak memungkinkan untuk beberapa Paslon, setidaknya ada kesempatan untuk dua Paslon yang maju Pilkada, supaya masyarakat ada pilihan. Sehingga masyarakat nantinya tidak apatis terhadap demokrasi," kata dia.

Mumpung ada kesempatan pada masa perpanjangan pendaftaran di KPU Bintan, kata Suryadi, Parpol boleh memikirkan ulang bagaimana supaya memang bisa ada pasangan calon yang lain yang maju dalam kontestasi ini. "Jangan sampai berakhir masa pencalonan Kepala Daerah ternyata tetap hanya satu pasangan calon, ini sama saja musibah bagi demokrasi," ujarnya.

"Berikanlah pendidikan politik yang baik untuk masyarkat Bintan lewat Pilkada serentak 2020," tutupnya.

Editor: Gokli