Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus DBD di Bintan Utara Meningkat Tajam
Oleh : Harjo/Dodo
Kamis | 24-05-2012 | 13:16 WIB
dbd_penderita.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi penderita DBD.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Kasus penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Bintan Utara, tiga minggu terakhir meningkat tajam. Terhitung sejak Minggu (29/4/2012) setidaknya ditemukan 18 kasus dan satu diantaranya meninggal dunia.

"Satu kasus meninggal akibat DBD, dialami oleh warga Perumahan KPLP Kelurahan Tanjunguban Kota, pada minggu pertama Mei," kata Kepala Puskesmas Tanjunguban Euis Herawati kepada batamtoday, Kamis (24/5/2012).

Untuk penderita DBD yang terdeteksi di Puskesmas, kata Euis terdata, di kelurahan Tanjunguban Selatan 8 kasus, Tanjunguban kota 8 kasus, Tanjunguban Utara 1 kasus dan Desa Lancangkuning 1 kasus. Pada Januari hingga Maret, memang nihil namun terus mengalami peningkatan hingga bulan ini.

Euis menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak hanya berharap atas aksi dari pihak Dinas Kesehatan sehingga kasus DBD bisa ditekan. "Semua harus saling mendukung," harapnya.

Sampai sejauh ini pihak Puskesmas katanya, sudah semaksimal mungkin melakukan pencegahan. Diantaranya, membagikan obat jentik abate kepada warga, menurunkan tim dmelakukan pemantauan langsung ke tengah masyarakat. Selain itu, melakukan penyemprotan (fogging) guna menanggulangi kasus tersebut.