Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pendaftaran Paslon Kepala Daerah, KPU Karimun Lakukan Berbagai Persiapan
Oleh : Freddy
Rabu | 02-09-2020 | 19:38 WIB
simulasi-kpu-karimun.jpg Honda-Batam
KPU Karimun saat melakukan simulasi pendaftaran Paslon Kepala Daerah, Rabu (2/9/2020). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun akan dimulai 4-6 September mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun selaku penyelenggara Pilkada serentak 2020 telah melaksanakan simulasi persiapan pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Rabu (2/9/2020).

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, pada saat pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang dimulai dari tanggal 4-6 September 2020, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat.

"Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun maupun orang dari partai pengusung serta relawan yang ikut mengantarkan pendaftaran ke Kantor KPU Karimun wajib memakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya dengan alat pengukur suhu tubuh oleh petugas yang sudah standby dan gunakan hand sanitizer, cuci tangan pakai sabun sebelum diizinkan masuk ke dalam ruangan pendaftaran di Kantor KPU," jelas Eko Purwandoko.

Ia menambahkan, selain diterapkan protokol kesehatan, jumlah orang yang diizinkan masuk ke dalam ruang pendaftaran juga dibatasi jumlahnya. "Tidak semua orang bisa masuk ke dalam ruang pendaftaran paslon dan terbatas cukup ketua dan sekretaris Partai politik pengusung, paslon dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun," ungkapnya.

Bagi massa yang ikut mengantar Paslon Bupati dan Wakil Bupati ke Kantor KPU Karimun, sebagian besar bisa duduk di kursi yang sudah disiapkan di luar ruangan pendaftaran.

Ia menjelaskan, jika nantinya massa yang ikut mengantarkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada saat pendaftaran di KPU melebihi dari jumlah maksimal yang sudah kita sarankan, tentunya massa yang ikut tersebut harus rela tidak bisa masuk ke halaman Kantor KPU karena sangat terbatas bagi yang telah memiliki tanda pengenal dari KPU.

Eko Purwandoko menyarankan kepada Lo penghubung Partai politik pengusung Paslon agar jangan terlalu euforia dalam mengantarkan Paslon mendaftar ke Kantor KPU.

Terpisah komisioner KPU divisi teknis dan penyelenggaraan, Ahmad Sulton mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi dan simulasi persiapan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun bersama pihak terkait seperti Bawaslu, Pemkab Karimun, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Polres Karimun dan Lo penghubung koalisi partai pengusung.

"Insyaallah, segala persiapan untuk pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun sudah dibahas dalam rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait Pilkada serentak 2020," pungkasnya.

Raja Rafiza, selaku Lo penghubung partai pengusung Paslon mengatakan, mulai dari persyaratan yang wajib dibawa saat pendaftaran maupun penerapan protokol kesehatan sudah disampaikan dalam rapat koordinasi di KPU Kabupaten Karimun. "Hasil rapat koordinasi persiapan pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun sudah dijelaskan berbagai hal terkait saat pendaftaran Paslon nantinya," tutup Raja Rafiza, usai mengikuti rapat koordinasi dan simulasi persiapan pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun di Kantor KPU.

Editor: Gokli