Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Penyebaran Corona, Poliklinik dan IGD RSUD Embung Fatimah Batam Ditutup Sementara
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 28-08-2020 | 11:32 WIB
rsud-ef1.jpg Honda-Batam
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Kota Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan poliklinik dan Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) ditutup sampai waktu yang belum ditentukan mulai hari ini, Jumat (28/8/2020).

Penutupan layanan tersebut guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 kepada petugas medis di rumah sakit plat merah tersebut.

"Mulai hari ini, dua layanan poliklinik rawat jalan dan IGD ditutup," ujar Humas RSUD-EF Novita saat dikonfirmasi wartawan.

Ia mengaku belum mengetahui kapan kembali buka dalam melayani kesehatan masyarakat Batam. "Penutupan sampai waktu yang tak ditentukan," tegasnya.

Direncanakan selama ditutup akan dilakukan proses disinfeksi ruangan serta melanjutkan proses scrining di dua unit layanan yang beraktivitas.

Ia juga menyatakan proses tracing dan upaya pencegahan meluasnya penularan virus corona dari kasus yang muncul di RSUD-EF Batam terus dilakukan. "Kami pun melakukan review terhadap protokol kesehatan di layanan IGD dan poliklinik," katanya.

Disamping itu, Camat Batuaji Ridwan menyampaikan informasi mengenai penundaan pelayanan posyandu yang ada di wilayahnya. Hal itu mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat di kota Batam.

Ridwan menjelaskan kegiatan Posyandu pada bulan depan September untuk sementara waktu hold dulu sampai ada informasi selanjutnya. Untuk, pelayanan imunisasi akan dilaksanakan di Puskesmas setiap hari sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kegiatan Posyandu untuk bulan depan kita tunda dulu, mengingat situasi pendemi Covid-19 yang terus mengalami peningkatan," tegas Ridwan.

Editor: Yudha