Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersama KPK, Pemko Batam Perkuat Kerja Sama Pencegahan Korupsi
Oleh : Putra Gema
Kamis | 13-08-2020 | 17:24 WIB
rudi-kpk.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memperkuat kerja sama dengan Pemko Batam dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

Kepala Divisi Pencegahan dan Penindakan KPK, Koordinator Wilayah IV, Nana Mulyana mengatakan, Pemerintah Daerah merupakan mitra KPK. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh pejabat dan ASN untuk menyatukan hati dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi.

"KPK tidak ada melakukan intervensi, tetapi apa yang kita lakukan ini adalah untuk melindungi ASN dalam pengelolaan anggaran negara," kata Nana, Kamis (13/8/2020).

Ia juga meminta kepada inspektorat atau unsur pengawas dalam pemerintahan ikut berperan memberantas tindak pidana korupsi di daerah.

Dalam kesempatan itu, disampaikannya, KPK juga akan terus memberikan pendampingan terhadap persoalan di Kota Batam. Termasuk juga berkaitan dengan aset.

Apabila terdapat tumpang tindih dengan instansi lainnya, pihaknya juga meminta agar dapat diselesaikan bersama-sama. "Dengan BP Batam misalnya, sekarang Wali Kota juga Kepala BP Batam sehingga hambatan komunikasi yang selama ini terjadi saya kira akan lebih mudah diselesaikan," ujarnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyambut baik pendampingan yang terus dilakukan KPK di Batam selama ini. Pihaknya mengaku juga terus mengingatkan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam bekerja sesuai dengan aturan yang ada.

"Tentunya kami sangat berterimakasih dengan KPK yang hari ini kembali hadir di Batam. Kita akan berkomitmen untuk kerja sama dalam hal upaya pencegahan tindak pidana korupsi," tegasnya.

Editor: Gokli