Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 Tenaga Medis di RSUP Kepri Positif Covid-19, Layanan IGD dan ICU Ditutup Sementara
Oleh : Asyri
Sabtu | 08-08-2020 | 09:20 WIB
rsup-kepri-dok1.jpg Honda-Batam
Rumah Sakit Umum Propinsi (RSUP) Raja Ahmad Tabib. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mulai hari ini, Sabtu (8/8/2020), pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Propinsi (RSUP) Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang ditutup sementara untuk umum.

Plt Direktur RSUP, dr Elfiani Sandri, mengatakan, penutupan pelayanan IGD dan ICU terkait dengan 2 tenaga medis mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sesuai dengan rilis Plt Walikota Tanjungpinang, terkait terkonfirmasi positif 2 tenaga kesehatan di RSUP. Sehingga kami harus menutup pelayanan sementara untuk menjaga tidak tersebar kepada yang lain. Pelayanan yang ditutup itu hanya IGD dan ICU, sedangkan lainnya tetap normal," terang Sandri, Sabtu (8/8/2020), saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Dijelaskan lebih lanjut, saat ini pihak rumah sakit sedang melakukan pemeriksaan menelusuri kontak pasien.

"Ini semua tujuannya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pasien dan juga para petugas lainnya, supaya tidak terjadi penularan lebih lanjut," ungkap Sandri.

Sementara untuk pasien Covid-19 dan pasien umum tetap dilakukan perawatan seperti biasanya. "Akan tetapi untuk tambahan pasien baru, pihak rumah sakit tidak menerima dulu sementara waktu," kata Sandri.

Menurutnya, penutupan kedua unit layanan tersebut karena pihaknya akan melakukan pembersihan ruangan dan pemeriksaan beberapa petugas kesehatan.

"Masyarakat tidak usah khawatir, jika ada pasien yang dirujuk atau akan dilakukan penanganan kesehatan lainnya bisa ke rumah sakit daerah dan Rumah Sakit Angkatan Laut," tutup Sandri.

Editor: Yudha