Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI Peduli Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi, Kodim Bintan Panen Jagung
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 06-08-2020 | 14:59 WIB
panen-jagung-dandim.jpg Honda-Batam
Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa saat panen jagung, salah satu bentuk ketahanan pangan, Kamis (6/8/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kodim 0315/Bintan memanen jagung yang sudah ditanam beberapa waktu lalu, sebagai antisipasi stok pangan menipis di tengah pandemi Covid-19.

Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa mengatakan, kegiatan itu merupakan arahan dari pimpinan, di mana mengajak masyarakat untuk aktif dalam kegiatan hal pangan, terlebih disaat masa pandemik covid-19 saat ini.

"Kita menjalankan perintah Komando dalam mendorong masyarakat aktif dalam Han Pangan terutama pada masa pandemi Covid-19," ujarnya, di Makodim 0315/Bintan, Jalan Ahmad Yani, Km 5, Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kamis (6/8/2020).

Kagiatan panen jagung oleh Kodim 0315/ Bintan itu juga menyajikan vidio yang menggambarkan jajaran Kodim 0315/ Bintan, saat melaksanakan han pangan. "Kita juga sudah melihat video yang dilaksanakan jajaran Kodim 0315/Bintan dalam melaksanakan han pangan, untuk membantu ketersediaan pangan bagi masyarakat," kata dia.

Tentunya hal ini, diharapkan kepada pemerintah Kota Tanjungping ikut berkontribusi, dan mendukung kegiatan panen jagung denplot ini. "Kita berharap kepada Ibu Plt Wali Kota dan Bapak Sekda yang hadir dapat ikut berkontribusi dalam kegiatan Panen Jagung Demplot serta jika berkenan dapat memberikan bantuan pupuk bagi kami dalam kegiatan Han Pangan," harapnya.

Di kesempatan itu, Plt Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma sangat mengapresiasi sekali, kegiatan han pangan yang digagas Kodim 0315/ Bintan ini. "Kami sangat mengapreasiasi Dandim 0315/Bintan, yang mana telah menggerakkan kegiatan panen. Kami atas nama Pemko Tanjungpinang sangat berterimakasih atas edukasinya," ucap Rahma.

Bahkan Rahma juga ingin berinvestasi laham kosong, yang kemudian dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Dengan harapan ke depan dan hasilnya, bisa bermanfaat bagi orang banyak. "Nanti kita akan inventaris lahan kosong yang tidak dimanfaatkan, Insya Allah akan kita gerakkan sebagai lahan untuk bertani yang akan kita kerjakan bersama-sama," kata Rahma.

"Untuk pupuk yang dikatakan Bapak Dandim, mungkin nanti kita bersama-sama menghadap Bapak Karantina Pertanian yang hadir di sini," tambah Rahma.

Rahmpun menyempatkan diri mengimbau agar bersama-sama untuk terus mensosialisasi, dan terus menerus terkait permasalahan Covid-19. "Yang mana masyarakat berpikiran bahwa permasalahan ini dari di level kita. Bahkan saat ini di tingkat resiko tertinggi terpapar adalah seperti kita semua yang memiliki jabatan," timpal Rahma.

Kegiatan panen ini dilaksanakan serentak seluruh jajaran di Kodim 0315/Bintan dengan total lahan sebanyak 5 Hektar yang tersebar di masing-masing Koramil. Untuk panen jagung di Makodim 0315/Bintan telah selesai dipanen dan menghasilkan jagung berkualitas baik sebagai contoh pertanian oleh Kodim 0315/Bintan untuk memenuhi ketersediaan pangan di Kota Tanjungpinang.

Editor: Gokli