Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Kepri Sebut Penelitian Data Pemilih pada Pilkada 2020 Capai 50 Persen
Oleh : Redaksi
Kamis | 30-07-2020 | 19:36 WIB
50-persen1.jpg Honda-Batam
Anggota KPU Kepri, Priyo Handoko. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau menyatakan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mencapai 50 persen.

Anggota KPU Kepri, Priyo Handoko mengatakan, potensi pemilih pada Pilkada Kepri 2019 sebanyak 1.391.845 orang.

"PPDP mulai bekerja 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020. Mereka melakukan pencocokan dan penelitian terhadap data calon pemilih yang bersumber dari data pemilih tetap pada Pemilu 2019 dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kemendagri," katanya, Rabu (29/7/2020), demikian dikutip laman resmi Diskominfo Kepri.

Priyo merasa optimistis tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih dapat dilaksanakan secara maksimal. Sejauh ini, tidak ada permasalahan yang menghambat kinerja PPDP.

Sementara permasalahan teknis di lapangan, terutama di pulau-pulau dapat diatasi. Hal itu disebabkan PPDP merupakan warga setempat sehingga tidak sulit untuk melaksanakan tugasnya.

"Proses pencocokan dan penelitian data pemilih berjalan lancar. Kalau pun ada permasalahan, tidak sampai menghambat pelaksanaan tahapan itu," ujarnya.

Ia mengimbau seluruh PPDP untuk memakai alat pelindung diri seperti masker, pelindung wajah dan sarung tangan saat melaksanakan tugasnya. PPDP juga tidak perlu masuk ke rumah warga, melainkan cukup melihat kelengkapan administrasi kependudukan warga berupa KTP elektronik dan Kartu Keluarga di teras atau di depan pagar.

"Ini untuk melindungi diri dan orang lain agar tidak tertular Covid-19," ucapnya.

Editor: Gokli