Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Uskup Agung Medan Positif Covid-19, Gugus Tugas Lacak Riwayat Kontak
Oleh : Redaksi
Senin | 20-07-2020 | 11:00 WIB
covid-19-13.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Medan - Uskup Agung Kota Medan Mgr Kornelius Sipayung, OFM Cap, dinyatakan positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Medan pun melakukan pelacakan orang-orang yang punya riwayat kontak dengan Kornelius.

"Sudah kita tracing semua. Kita kan tidak kenal, kita minta bantuan sama mereka (pihak Keuskupan)," ujar Jubir GTPP COVID-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan, Senin (20/7/1010).

Mardohar mengatakan pihak Keuskupan Agung Medan juga sudah meminta jemaat yang kontak dengan Uskup Agung ikut melaporkan diri. Nantinya pemeriksaan bakal dilakukan lewat koordinasi dengan Dinas Kesehatan.

"Mereka ada wadah sendiri, jadi melakukannya (tes Corona) sendiri. Tapi tetap koordinasi dengan Dinas Kesehatan," katanya.

Mardohar mengatakan Kornelius terpapar di wilayah Sumut, tapi bukan di lokasi Keuskupan. Menurutnya, Kornelius ditulari seseorang yang masih bagian dari Keuskupan Agung.

"Pertama sekali masuk sebagai terkonfirmasi positif itu bukan Pak Kornelius-nya. Bawahannya satu. Mereka ada beberapa pertemuan di luar, jadi dia itu membawa, dia lah yang mengawali semua mereka. Karena mereka itu satu, istilahnya rumahlah ya," jelasnya.

Hingga kini, kata Mardohar, ada 8 orang yang terpapar COVID-19 di Keuskupan Agung Medan. Uskup Agung sendiri masih dirawat di Rumah Sakit Martha Friska Medan.

"Saya nggak tahu pasti, dari Keuskupan itu kan ada 8 (yang terpapar COVID-19). Pimpinannya itu dirawat di Martha Friska, sebagian juga ada di Elisabeth," paparnya.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha